2016, Sampah Akan Ditukar Tabung Gas

2016, Sampah Akan Ditukar Tabung Gas

RADAR MAKASSAR – Pemerintah Kelurahan Maccini pada tahun ini, akan menampilkan program pengelolaan bank sampah yang beda dari sebelumnya. Terlebih Kelurahan Maccini telah menggandeng perusahan Pertamina untuk bekerjasama.

“Memasuki tahun 2016, ada awordin Bank Sampah dari kegiatan kemarin. Hal ini merupakan moment untuk  meningkatkan dan mengaktifkan pelaksanaan Bank Sampah dimasing – masing RW di wilayah Kelurahan Maccini,” ujar Lurah Maccini, Juliaman.

Menurut Juliaman, ia mengharapkan  nanti pelaksanaan kegiatan sosialisasi ini bisa berjalan dengan baik tanpa ada hambatan.

“Kebetulan disini ada empat pengelolaan Bank Bampah yang telah dibentuk. Namun terkendala operasional, jadi dengan adanya kerjasama dengan pihak pertamina, maka harapan kita untuk program persampahan akan tambah baik,” katanya.

Ia mengakui, sudah melakukan  berkordinasi dengan mereka (UPTD Bank Sampah kota Makassar) dan bersedia turun dilapangan untuk menggerakkan partisipasi publik.

“Kami bersyukur pihak bank sampah merespon semua ini. Sebab melalui yayasan peduli negeri, kami bersama pengurus dari LPM telah bersedia bersinergitasnya dapat hadir dalam kegiatan tata cara pelaksanaan bank sampah ini,” akunya.

Untuk Kelurahan Maccini sendiri, lanjut Juliaman, ada salah satu bank sampah bernama Pelamboyan yang terbentuk  beberapa waktu yang lalu, sudah dilakukan sosialisasi terhadap warga RW 03.

“Pengelolaan Bank Sampah yang ada di RW 03, sudah mempunyai SK, Buku Tabungan Bank Sampah dan karung sebanyak 40 lembar. Karung tersebut nantinya akan disebarkan ke masyarakat, supaya dapat dilaksanakan pemilahan sampahnya. Sebagaimana bisa ditukarkan menjadi nilai ekonomis,”paparnya.

Ia menjelaskan, kalau warga menukarkan sampah itu, maka gantinya adalah beras atau tabung gas 3Kg.

“Semua itu termaksud masuk di program Pertamina, yakni sampah ditukarkan tabung gas 3 Kg dan Oli. Semua itu, akan diterapkankan di kelurahan ini,” ungkapnya. (fly)

No Responses

Leave a Reply