Tertibkan Tambang Liar, Pemprov Bentuk Tim Pengawas Pertambangan

Tertibkan Tambang Liar, Pemprov Bentuk Tim Pengawas Pertambangan

RADARMAKASSAR.COM – Menanggapi terus meningkatnya jumlah penambangan liar yang ada di wilayah Sulsel, Sekretaris Daerah Provinsi (Sekprov) Sulsel, Abdul Latief, mengatakan, untuk menertibkan hal tersebut pihaknya telah menginstruksikan pada Dinas ESDM untuk membentuk tim pengawas kegiatan penambangan.

Menurutnya, untuk mengawasi seluruh tambang tidak mungkin dilakukan oleh pihak Provinsi saja, sehingga pihaknya meminta agar Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bekerjasama dengan Dinas yang menaungi pertambangan di masing-masing Kabupaten/Kota.

“Memang tugas kita memberi izin, dan kita minta Dinas pertambangan untuk bentuk tim pengawas, tentu harus bekerjasama dengan daerah-daerah karena tidak bisa kita mengawasi secara keseluruhan, sehingga harus kerjasama, khususnya tambang golongan C,” ujar Latief, saat ditemui di ruang kerjanya.

Mengenai instruksi dari pemerintah pusat yang memberikan batas waktu selama 90 hari untuk mengatur penambang liar, Latief mengaku pihaknya belum menerima aturan terkait hal tersebut.

“Izin ini memang perlu dan harus ditertibkan, selain itu juga pengawasan harus lebih diperketat. Tapi sampai sekarang saya belum menerima aturan terkait tambang liar. Kita tunggu aturan dari pusat,” ujarnya. (opa)

No Responses

Leave a Reply