PENDAFTAR PENCACAH SE BPS SELAYAR CAPAI 228 ORANG

PENDAFTAR PENCACAH SE BPS SELAYAR  CAPAI 228 ORANG

Dikirim dari iPhone saya
Awal pesan yang diteruskan:

Dari

RADAR SELAYAR – Hingga ahirnya pendaftaran petugas “pencacah” Sensus Ekonmi (SE) tahun 2016, ditutup per 26 Januari, jumlah pendaftar mencapai 228 orang. Dari jumlah pendaftar tersebut berdasarkan kuota pencacah Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kepulauan Selayar hanya mendapat 102 orang.

Hal ini disampaikan oleh Kepala BPS Kepulauan Selayar, Abd Halim, sewaktu ditemui dikantornya, Kamis (28/1/61).

Disampaikan bahwa, Sensus Ekonomi (SE) adalah program nasional yang dilaksanakan secara serentak untuk mengumpulkan dan menyajikan data dasar kecuali sektor pertanian. Pengumpulan data juga memberi gambaran lengkap serta memperoleh informasi dasar semua sektor eknomi.

Secara umum juga beberapa produksi BPS menjadi landasan Pemkab yang biasa digunakan dalam mengambil kebijakan  diantaranya, Indeks Pembangunan Manusia (IPM), dan PDRB, semua itu adalah bagian dari produk BPS dan Pemkab biasa pakai dalam mengambil kebijakan.

Setiap tiga pencacah berdasarkan wilayah kerjanya, akan diawasi oleh satu pengawas jangan sampai apa yang diharapkan tidak sesuai. Pencacah akan melakukan sensus dengan berbagai usaha, misalnya kecil menengah, sektr jasa, tukang jajanan, penyedia jasa keliling, termasuk pasar kaget.

SE yang berlangsung hanya 10 tahun sekali, maka diharapkan, masyarakat selaku responden memberikan keterangan yang sebenarnya. Disinilah peran ptugas pencacah memberikan pengantar yang terarah.

Olehnya itu dari hasil seleksi sebanyak 102 orang dari 228 pendaftar yang masuk, akan pihak BPS akan melalukan pelatihan sekitar Maret atau April yang akan datang.

Hasil; dalam pelatihan tersebut, Kepala BPS Selayar, Abd Halim juga mengharapkan dukungan dari pemerintah Kabupaten, Camat, Lurah dan Kepala Desa kiranya juga mmbantu program ini minima dengan membrikan sosialisasi ke masyarakatnya. (BUN)

 

No Responses

Leave a Reply