Radar Makassar Ajari Menulis Siswa SMK Muhammadiyah II Bontoala

Radar Makassar Ajari Menulis Siswa SMK Muhammadiyah II Bontoala

Setelah menggelar pelatihan dasar jurnalistik di SMP Negeri 8 Makassar, dalam rangka menyambut HUT ke 2, redaksi Radar Makassar kini melanjutkan roadshow di SMK Muhammadiyah II Bontoala, Jalan Andalas, Kamis (31/3).
Dipimpin langsung oleh pimpinan redaksi Radar Makassar Andi Suaib, tiga redaktur dan tiga reporter menyambangi dan memberikan edukasi pada 30 siswa siswi SMK tersebut.
Dibuka oleh Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) bidang Kesiswaan SMK Muhammadiyah II Bontoala, Ahmad Amiruddin mengatakan jika kunjungan Radar Makassar ke sekolahnya merupakan giat positif dan bermanfaat, pasalnya di SMK nya tersebut memang banyak murid yang memiliki potensi besar di bidang media.
“Ini merupakan kegiatan positif, karena memberi edukasi pada siswa kami tentang proses penerbitan berita khususnya dalam bentuk koran,” ujarnya.
Sementara, dalam materinya salah satu redaktur Radar Makassar Omar Syarif menjelaskan dasar dari penulisan berita adalah dengan memenuhi unsur 5 W + 1 H, yang jika dijabarkan adalah What (apa), Who (siapa), When (kapan), Why (kenapa), Where (dimana) dan How (bagaimana).
“Tanpa rumus 5W 1H tulisan tidak lengkap, atau tidak enak dibaca,” jelas Omar.
Sedangkan, Pimpinan Redaksi, Andi Suaib mengajarkan pada peserta mengenai proses pembuatan berita hingga menjadi koran, mulai dari perencanaan berita, pemilihan narasumber yang dinilai cocok dan pembagian tugas pada reporternya. Setelah berita dibuat, maka berita akan melalui proses editing yang dilakukan oleh redaktur.
“Setelah perencanaan dan pembagian tugas, berita yang sudah jadi akan melalui proses editing yang akan dilakukan oleh redaktur,” kata Wawy, sapaannya.
Wawy melanjutkan, setelah diedit berita akan ditata perwajahannya oleh layouter, jika telah rampung, maka berita siap dicetak hingga menjadi koran.

No Responses

Leave a Reply