Forum Panakkukang Bersatu (FPB) Harap UMKM Mandiri

Forum Panakkukang Bersatu (FPB) Harap UMKM Mandiri

Makassar Forum Panakkukang Bersatu (FPB) kecamatan Panakkukang Makassar menyelenggarakan pelatihan kewirausahaan pemuda yang diselenggarakan di Rumah Makan Malupu Kamis (31/03).

Pelaksanaan pelatihan kewirausahaan tersebut digelar dengan mengusung tema “Peranan dan Strategi Marketing dalam memenangkan Persaingan Bisnis di Era Kompetetif” dalam pelaksanaan Masyarakat Ekonomi Asena (MEA) ini, dan diikuti oleh dari puluhan pelaku UMKM se -kecamatan Panakkukang.

Ketua Panitia FPB, Munir Syam menjadi sebagai tujuan untuk menggali potensi masyarakat dalam mencari peluang bisnis sehingga membentuk masyarakat yang mandiri dan dapat bersaing dalam hadapi Masyarakat Ekonomi Asean ini.

“Ini untuk gali potensi masyarakat lebih mandiri lagi” singkatnya (31/03)

Sasaran pelaksanaan kegiatan ini juga terhadap pelaku usaha terutama dalam segi akses modal dan perizinan. Dimana diterangkannya, saat ini UMKM dituntut untut mandiri, soal akses modal dan perizinan pemasaran juga dikatakannya sekarang ini pemerintah menemukan jalan keluar dengan kehadiran kartu Izin Usaha Menengah Kecil dan Mikro (IUMKM) untuk memperoleh kredit murah (KUR) dengan bunga rendah 9 persen

“Kartu ini gratis, dan syaratnya sangat mudah. Cukup bawa surat keterangan dari lurah dan lainnya untuk dibawa ke kantor camat” terang perwakilan kecamatan Panakkukang bagian Ekonomi pengembangan Masyarakat, Asis Nompo

Begitu juga untuk pemasaran, dikatakannya untuk produk bagi bagi pelaku usaha untuk segera mungkin memperoleh nomor produk industri rumah tangga (PRT) dengan guna memudahkan dalam pemasaran produk di pasar ritel.

“Untuk produk yang masih kecil-kecil bisa gunakan nomor produk, dan produk besar bisa sebaiknya gunakan izin BPOM” tambahnya (tri)

No Responses

Leave a Reply