Gunakan Fasum, Kecamatan Panakkukang Bongkar Belasan Lapak

Gunakan Fasum, Kecamatan Panakkukang Bongkar Belasan Lapak

RADAR MAKASSAR — Belasan lapak yang berada di wilayah Kecamatan Panakkukang dibongkar, lantaran lapak tersebut menggunakan fasilitas umum (Fasum) hingga bertahun-tahun, tepatnya Depan Kampus Amkop, Senin (4/4) Sekira pukul 14. 36 Wita.

“Kami tidak semena -mena menertibkan. Jadi saya mengundang mereka hari senin jam 14.00 Wita. Namun dari Amkop tidak mengerti. Jadi ia datang kemari  melakukan unjuk rasa, supaya segera dilaksanakan penertibatan itu. Tetapi saya katakan bahwa  penertiban itu harus ada tugas pokok dan fungsi,” jelasnya Camat Panakkukang, Imran Mansyur.

Menurut dia, kalau berbicara fungsi masing-masing. Masyarakat harus mengetahui, misalnya ada Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) sebagai penegak peraturan daerah (Perda).

“Dimana posisinya Kecamatan ini sangat membantu sekaligus memfasilitasi antara masyarakat dan bagi pelanggar penegak Perda di Kota Makassar. Selain itu, kita juga diback up atau dibantu oleh pihak  kepolisian, jika terlihat ada anarkis. Sedangkan, tugas Koramil sendiri untuk mengamankan kalau ada TNI yang memback up, jadi semua itu ada fungsinya,” ujar Imran.

Lebih jauh, lanjutnya, ia melakukan penertiban tersebut didua titik, seperti taman Amkop berjumlah 11 rumah semi permanen.

“Kita bongkar sampai ratah oleh tanah. Setelah itu kita lanjutkan tertibkan di Jalan Pengayoman yang berada median tengah. Mereka sudah lama menjual tanpa izin dan mengotori wilayah tersebut,” tegasnya.

Setelah dibongkar tempat itu, bebernya, akan dibuatkan taman didepan amkop. Karena anggarannya sudah siap dari dinas pertamanan kebersihan.

“Sehingga kita masih tunggu jika tempat itu dibersihkan,” terangnya.

Diketahui dalam penertiban dan pembongkaran tersebut, pihak Kecamatan Panakkukang menurunkan personil dari PRC sebanyak 57 orang, Satpol PP 50 orang, Polsek Panakkukang 12 orang dan Koramil 5 orang. Selama penertiban ini, tidak ada benturan yang terjadi, karena Kecamatan Panakkukang melakukan dengan persuasif dibawa, bahkan disampaikan terlebih dahulu. (fly)

No Responses

Leave a Reply