Rapat Paripurna LKPJ Gubernur, Akhir Tahun All Leading Sector Pemprov Sulsel

Rapat Paripurna LKPJ Gubernur, Akhir Tahun All Leading Sector Pemprov Sulsel

Makassar.Hampir seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) provinsi Sulsel menghadiri rapat paripurna DPRD sulsel terkait Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Gubernur Sulsel Rabu (5/4/2016).

Dalam pemaparan yang disampaikan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo terkait pilkada 11 Kabupaten yang telah berlangsung lancar,aman dan damai.Ini membuktikan jika masyarakat Sulsel patuh berdemokrasi,begitupun hubungan antar eksekutif,legislatif dan masyarakat Sulsel sendiri.

Disektor ekonomi 2015 lalu Sulsel kembali meraih pertumbuhan ekonomi sebesar 7,15 persen diatas rata-rata nasional dan Sulsel berada diurutan ke-5 setelah NTT,Sulteng,Papua, dan Sulbar.

“Meski mengalami fluktuasi dan pasang surut namun kita bersyukur ekonomi di Sulsel masih tetap tumbuh,bahkan diatas rata-rata nasional,”papar SYL.

Terkait dengan ketersediaan infrastruktur dipaparkan SYL sepanjang 2015 telah dilaksanakan Ground Breaking di 3 lokasi bendungan antara lain bendungan Passelorang di Wajo,Bendungan di Baliase Kabupaten Luwu Utara dan Luwu dan bendungan Kerala Karaloe di Gowa dan Jene’ponto yang masih dalam tahap pengerjaan perjanjian kontrak kerja.

Ditahun yang sama dilaksanakan Ground Breaking pada 3 lokasi pembangunan pelabuhan yaitu Makassar Newport,Pelabuhan Garongkong Barru,dan Pelabuhan Bodia – Galesong (Takalar).

“Ketiga project bendungan dan pelabuhan tersebut mendukung program kedaulatan pangan Sulsel,”SYL memaparkan.

Selain project diatas pembangunan Bus Rapid Transit (BRT) sebanyak 35 Halte,(3 halte permanen dan 33 halte portable)secara keseluruhan terdapat 45 halte melayani 3 koridor dari 11 koridor yang direncanakan dengan dukungan bus Damri yang dioperasikan sebanyak 30 unit.”Akan terus bertambah seiring bertambahnya animo masyarakat terhadap bus,”tutur SYL.

Pemprov Sulsel juga memprioritaskan pembinaan dan pengembangan Koperasi dan UMKM yang terus bertambah jumlahnya dari tahun ketahun.Terhitung 5.377 pada 2015 meningkat sebesar 1,09 persen dari 2014 dengan 5.318 unit.

Pencapaian all leading sektor diatas tak lepas dari Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang terus mengalami peningkatan.IPM Sulsel pada 2012 sebesar 67,26 poin,2013 67,92 poin dan pada tahun 2014 68,49 poin.

“Alhamdulillah kita juga berhasil mendapatkan penghargaan dengan predikat WTP atas laporan keuangan daerah di tahun 2014 kemarin,itu yang kelima kalinya sejak tahun 2010 lalu,” pungkas Gubernur dua periode tersebut.(nin)

No Responses

Leave a Reply