Menteri Yuddy, Sistem Pemerintahan Makassar Baik

Menteri Yuddy, Sistem Pemerintahan Makassar Baik

Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto bersama wakilnya, Syamsu Rizal mendampingi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Yuddy Chrisnandi melaksanakan Sidak (Inspeksi Mendadak) di kantor Gabungan dinas – dinas (Gadis), Selasa, (12/04).

Mengenakan kemeja putih, Yuddy bersama Danny dan rombongan memasuki gedung Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda). Di sana, Yuddy menyaksikan petugas tengah melayani warga di loket pembayaran PBB (Pajak Bumi dan Bangunan).

Selain Sidak di kantor Dispenda, Yuddy juga Sidak di Dinas Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal. Selama Sidak, Wali Kota Danny menjelaskan sejumlah program Pemerintah kota (Pemkot) Makassar.

Danny juga menjelaskan mekanisme pengurusan izin seperti Izin Mendirikan Bangunan (IMB). “Seluruh perizinan dikeluarkan oleh satu pintu seperti IMB pemohon mengisi formulir yang melampirkan sejumlah persyaratan administrasi untuk menerbitkan IMB,” terang Danny.

Menurut Menpan RB, Yuddy Chrisnandi, secara umum selama dua tahun kepemimpinan Danny, birokrasi (sistem pemerintahan) di Makassar berjalan baik, dan peluang terjadinya korupsi kecil.

“Dari sisi transparansi, akuntabilitas, dan kualitas pelayanan publik secara umum di Makassar memadai dan baik,” ujar Yuddy.

Ia juga menilai peluang terjadinya korupsi dan penyalahgunaan wewenang sangat kecil, “Pengawasannya bagus, sistemnya juga baik,” tegas Yuddy.

Saat berada di Dinas Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal, Menteri Yuddy menyampaikan pegawai ASN (Aparatur Sipil Negara) akan mendapatkan fasilitas gaji 13 dan 14.

No Responses

Leave a Reply