TP PKK Bangka Tengah Borong Kerajinan Lorong

TP PKK Bangka Tengah Borong Kerajinan Lorong

Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Bangka Tengah mengadakan kunjungan ke Kota Makassar dalam rangka mendukung program Kabupaten Bangka Sehat. Para rombongan yang hadir disambut langsung oleh Ketua TP PKK Kota Makassar Indira Jusuf Ismail di kediaman pribadinya, Jalan Amirullah, Rabu (13/04).

Rombongan TP PKK Bangka Tengah juga menyertakan cama se -Bangka Tengah, Kepala Kejaksaan Negeri, Kapolres, serta beberapa kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait seperti Kepala Dinas Kesehatan, serta Badan Pemberdayaan Masyarakat Daerah (BPMD) Kabupaten Bangka Tengah.

Disela-sela kegiatan tersebut, Indira berkesempatan untuk memperkenalkan Batik Lontara khas Sulsel yang dikenakannya, yang merupakan hasil karya insdustri kreatif di Kota Makassar pada para tamu.

“Batik Lontara dibuat oleh industri kreatif batik lontara yang ada di Makassar,” terang Indira sambil menunjukkan batik bercorak Lontara yang dipakainya.

Indira melanjutkan, jika program industri lorong menjadi bagian dari penguatan dan pemberdayaan perempuan dengan memberikan kegiatan produktif bagi perempuan dan ibu rumah tangga yang dapat meningkatkan perekonomian di lorong -lorong.

Selain batik lontara, Indira juga memperkenalkan program industri lorong lainnya yaitu kerajinan tangan binaan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Makassar dengan bahan dasar serat tumbuhan eceng gondok yang diolah menjadi tas, tempat tissu, kalung, kipas dan tempat sampah.

Beberapa hasil kerajinan tangan yang dipamerkan saat kunjungan, berhasil menarik minat rombongan TP PKK Bangka Tengah, sehingga membuat para tamu membeli karya tersebut sebagai oleh-oleh. Lebih dari separuh hasil kerajinan laris terjual.

“Tas tangan yang paling banyak diminati,” sebut Indira.

Tak cukup memperkenalkan potensi kerajinan, Indira juga menjamu tamunya dengan demo masak kuliner khas Makassar, Ikan Pallu Kacci. Hasil demo masak langsung bisa dicicipi oleh tamu dari Bangka Tengah.

Puas menjamu tamunya dengan sajian kuliner, Indira mengajak tamu dari Bangka Tengah mengunjungi lorong yang menjadi penilaian Lomba PKK Keluarga Berencana dan Kesehatan (KB Kes) yang ada disekitar kediamannya.

No Responses

Leave a Reply