Polsek Makassar Punya Cara Tersendiri Tekan Kejahatan

Polsek Makassar Punya Cara Tersendiri Tekan Kejahatan

RADAR MAKASSAR – Kepolisian Sektor (Polsek) Makassar punya cara sendiri menekan tindakan kriminal berdampak dari kejahatan.
Menurutnya, ia juga rajin turun di lapangan untuk bertemu masyarakat.

“Tentu mendapatkan masukan apa yang bisa kita bahas bersama. Sehingga saya kumpulkan tokoh masyarakat, pemuda dan ibu rumah tangga yang berperan aktif,” ujar Kapolsek Makassar, Kompol Sudaryanto.

Ia juga menjelaskan, bahwa Polsek Makassar saat ini punya program tepatnya setiap hari Jumat dengan mengunjungi mesjid.

“Saya memberikan pengarahan arti Kamtibmas. Kedua, hari Selasa pagi kami keliling di masyarakat mengadakan “Coffe Morning” setiap kelurahan yang dilampui. Lantaran semua itu sudah terjadwal.

Ketika hubungan komunikasi dengan Tripika, Camat dan Danramil. Sehingga kita harus bersinergi di lapangan dengan bahu membahu saling membantu jika ada kekurangan.

Apalagi di lingkungan RT,RW dan lurah sudah tidak ada perbedaan lagi. Sekarang kita kanyaknya seperti satu naungan walaupun beda profesi tugas,” tutur Sudaryanto.

Kapolsek Makassar mengungkapkan, saat ini wilayah hukumnya peristiwa kejahatan selama ini dikatakan meningkat, namun tak sepertinya dibayangkan masyarakat.

“Alhamdullilah kita dapatkan kejahatan di Kecamatan Makassar sangat menurun dari 2 tahun lalu.  Hal tersebut dikarenakan atas masukan warga untuk menganjurkan  Polsek Makassar rutin patroli. Warga juga memberikan masukan supaya hal ini dipertahankan. Misalnya
kalau malam diatas jam 22.00 Wita kita mobile menggunakan roda dua dan empat. Semua itu menjadi suatu cara mencegah gangguan Kamtibmas. Apabila ada permasalahan harus dituntaskan lewat mediasi. Kalau tidak ada hasil kita lanjutkan kepengadilan saja,” tegasnya.

Lebih jauh, tambah Kapolsek Makassar, kendalanya yang terjadi di wilayah tetap ada, seperti personil sangat kurang dibanding melayani ribuan masyarakat. Ia berharap  agar bisa dapat tambahan satu personil Babinkamtibmas di kelurahan lingkup Kota Makassar supaya menjadi dua.

“Kalau itu sangat bagus karena bisa berdampingan siang dan malam dengan mengafer kegiatan masyarakat. Harapan kedepan pada masyarakat, mulai orang tua, RT, RW menjadi Polisi disetiap wilayahnya. Hal itu sebagai cara menutupi kekurangan kita di Polsek Makassar,” jelas Kompol Sudaryanto. (fly)

Dikirim dari iPhone saya

One Response

  1. kacandoMay 13, 2016 at 4:04 pmReply

    cara demikian memang sdh ada dalam TUBUH POLRI, hanya belum ada yang menjalankannya sehingga POLSEK Mkassar yg mengingatkan apa yg seharusnya polisi lakukan di tengah2 masyarakat

Leave a Reply