PDAM Makassar Krisis Air Baku

PDAM Makassar Krisis Air Baku
CUACA ekstrim yang melanda Wilayah Sulsel akhir-akhir ini, dimana intensitas hujan begitu derasnya turut berimbas pada pelayanan PDAM Kota Makassar.
Berdasarkan info terakhir yang didapatkan dari Kabag Humas PDAM Idris Tahir, Jumat (3/2) kemarin, debit air di Bendungan Bili-bili mengalami peningkatan kekeruhan sampai dengan 805 NTU, kadar kekeruhan air pada waktu normal biasanya hanya maksimal 200 NTU. Ditambah lagi pasokan listrik dari PLN padam.
Hal ini tentunya sangat mempengaruhi maksimalisasi produksi air. Saat ini produksi air PDAM Makassar drop sampai dikisaran 1000-1100 liter/detik yang normalnya 1250-1300 liter/detik. Hal tersebut karena mengandalkan genset sebagai sumber listrik.
Lebih parahnya lagi, pasokan air dari Bendungan Bili-bili berhenti total karena ada gangguan jaringan suplai air yang ke Instalasi PDAM di Somba Opu. Apabila kerusakan atau gangguan ini berlangsung lebih lama, lanjut Idris, maka dipastikan distribusi air ke pelanggan akan menurun lagi bahkan mungkin akan berhenti total.
Laporan yang diterima PDAM Kota Makassar dari Kepala Instalasi V, Nanna  mengatakan jika hanya tersisa satu unit pompa yang masih berfungsi dikarenakan tidak adanya air baku yang masuk dari Bendunagn Bili-bili.
“Untuknya itu kami sampaikan permohonan maaf kepada seluruh pelanggan wilayah selatan kota karena kejadian ini dengan tetap memohon doa semoga cepat normal kembali,” imbuh Idris. (zan)

No Responses

Leave a Reply