Merawat Puting dari Bengkak dan Luka Saat Menyusui

Merawat Puting dari Bengkak dan Luka Saat Menyusui
Ilustrasi

 

Ketika Anda mulai menyusui, puting Anda akan mengalami sedotan yang kuat. Setelah beberapa kali sesi menyusui, setiap hari, maka tak heran bila puting Anda mengalami nyeri.

Jika puting Anda bisa menyesuaikan diri dengan cepat, maka rasa nyeri ini akan segera hilang. Namun, Anda juga harus terus merawat puting supaya rasa nyeri yang mungkin muncul di awal-awal masa menyusui tidak mengganggu aktivitas Anda.

Cara merawat puting paling mudah adalah tidak mencucinya terlalu sering. Setelah menyusui, Anda tidak harus membersihkan puting atau payudara.

Anda hanya perlu membilas payudara dengan air bersih saat mandi. Hindari juga sabun, desinfektan, atau substansi apapun yang dapat merusak kulit, puting, ataupun areola.

“Anda dapat memberikan minyak alami yang dapat melembapkan area puting. Minyak juga dapat mencegah pertumbuhan bakteri,” seperti dilansir dari laman Medela, Minggu (5/2).

Setelah menyusui, Anda juga dapat memanjakan puting dengan pijatan lembut. Keringkan pula bagian ini setelah menyusui. Puting yang basah akan mudah terluka saat mendapat gesekan.

Terakhir, hindari menggunakan bra yang terlalu ketat dan bahan yang tidak nyaman. Bra merupakan faktor penting dari menjaga kesehatan payudara dan puting, karenanya pilih lah yang ternyaman. (*)

No Responses

Leave a Reply