3 Manfaat Sehat dari Handstand

3 Manfaat Sehat dari Handstand
Ilustrasi

Handstand atau berdiri dengan tangan merupakan salah satu pose yoga yang cukup menantang untuk dilakukan. Handstand atau yang dalam bahasa Sansekerta disebut dengan Adho Mukha Vrksasana ini membutuhkan kekuatan tangan dan konsentrasi yang tinggi untuk menopang tubuh.

Dengan memutar tubuh secara terbalik, handstand ternyata banyak memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh. Apa saja? Dilansir dari livestrong.com, berikut adalah manfaat dari handstand.

* Meningkatkan keseimbangan dan kekuatan
Posisi handstand yang membuat kepala di bawah dan kaki di atas menuntut keseimbangan dan kekuatan tangan yang maksimal. Kamu juga perlu mempertahankan keseimbangan agar tidak mudah jatuh. Hentikan melakukan handstand ketika tangan atau pergelangan tanganmu terasa nyeri.

* Meningkatkan fleksibilitas tubuh
Selain bermanfaat untuk meningkatkan keseimbangan dan kekuatan tubuh, handstand juga menuntut fleksibilitas tubuh, terutama di area tulang belakang. Kamu pun bisa terhindar dari beragam gangguan atau nyeri tulang belakang.

* Meningkatkan sirkulasi darah
Dengan melakukan gerakan terbalik, aliran darah di tubuh bagian atas akan meningkat sehingga memberikan manfaat pada tulang belakang, otak, dan kelenjar pituitary. Menurut Yoga Journal, hal ini bermanfaat untuk menenangkan pikiran, menghilangkan depresi, hingga menyegarkan sistem saraf.

Handstand merupakan pose yoga yang wajib dilakukan secara hati-hati dengan pengawasan instruktur yoga yang ahli. Jangan sampai niat kamu untuk sehat malah mendatangkan cedera. (mc)

No Responses

Leave a Reply