Segel Toko Ole-ole Toddopuli

Segel Toko Ole-ole Toddopuli
Ahmad Kafrawi

Kepala Dinas Penataan Ruang Kota Makassar, Ahmad Kafrawi akan memerintahkan aparatnya untuk melakukan penyegelan Toko Ole-ole khas Makassar, di Jalan Toddopuli Raya Timur, Kecamatan Panakkukang.

Sebelumnya, pihaknya sudah mendatangi ruko yang dimaksud. Keberadaan kanopi di toko tersebut menjulang keluar hingga ke badan jalan sehingga melanggar batas sempadan bangunan (GSB). Namun pihaknya menyebutkan jika pemilik toko keras kepala dan tidak mengindahkan aturan. “Kami mau menyegel toko itu, karena (bangunannya) tidak sesuai IMB,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Forum Motivator Pembangunan Kota Makassar (FMPKM), Hasanuddin Umar, sangat menyesalkan pemerintah setempat, karena memberikan ruang terhadap pemilik ruko, untuk menambah kanopi yang menjulur keluar, padahal keberadaan kanopi itu sudah masuk ke ruang publik (public space).

“Akah sudah memenuhi syarat atau tidak. Space publik itu kan untuk masyarkat. Kalau pelanggan yang parkir di situ itukan sudah menganggu masyarakat,”jelasnya.

Keberadaan bangunan yang melanggar seharusnya menjadi perhatian semua pihak mulai RW, Lurah, dan Camat setempat. “Ini menjadi preseden buruk atau menjadi contoh bagi lainnya dalam melakukan aktivitas pembangunan di wilayah Kecamatan Panakkukang,” pungkasnya. (fly/zan)

No Responses

Leave a Reply