Kasus Calo Dokter, Tersangka Ketiga Diminta Terus Terang

Kasus Calo Dokter,  Tersangka Ketiga Diminta Terus Terang
Ilustrasi

Tersangka ketiga kasus dugaan penipuan berkedok percaloan mahasiswa baru Universitas Hasanuddin (Unhas), Daud diminta berterus terang guna melancarkan penyidikan dan pemeriksaannya.

Pasalnya, pasca resmi menahan pekerja yang berstatus PNS tersebut, tim penyidik Tipikor Satreskrim Polrestabes Makassar mengakui tersangka Daud mengetahui alur kasus calo ini.

Kanit Tipikor Satreskrim Polrestabes Makassar, Iptu Supriadi mengatakan, langkah penahanan tersebut dilakukan berdasarkan peran Daud dimana ia ikut serta mempermudah jalannya kejahatan tersebut. “Ia memiliki peran untuk memasukkan calon mahasiswa baru di Unhas,” ujarnya.

Meski begitu, saat ditanyai lebih lanjut, ia enggan menyebut detilnya secara keseluruhan, sebab menurutnya hal tersebut baru bisa diungkap setelah pemeriksaan lanjutan nantinya. “Untuk berapa yang didapatkan tersangka dari praktek itu kita belum tau. Nanti setelah pemeriksaan lanjutan, jelasnya.

Dari agenda pemeriksaan ke depan, tersangka diharapkan dapat mengungkap alur percaloan di Unhas tersebut. Termasuk siapa saja yang ikut terlibat didalamnya. Apalagi saat ini Polrestabes Makassar juga masih melakukan pemeriksaan terhadap beberapa saksi untuk menemukan adanya dugaan tersangka lain yang ikut terlibat.

Untuk Daud kini dalam tahap pemberkasan. Ia akan ditahan selama 20 hari kedepan. “Sekarang kita masuk tahap pemberkasan. Setelah ini kita kirim ke kejaksaan,” tutur Supriadi.

Diketahui pada kasus tersebut dua tersangka lainnya yakni, Rahmatia (36) dan Nurjannah Jalil (53) masih proses persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Makassar.

Kepala Seksi (Kasi) Pidana Umum (Pidum) Kejari Makassar, Andi Usama mengaku, hingga kini belum mengecek apakah SPDP untuk tersangka ketiga kasus percaloan Unhas sudah masuk atau belum. ” Tersangka ketiga saya belum tahu, nanti saya cek dulu,” ungkapnya. (dir)

No Responses

Leave a Reply