DLH Tutup Permukaan Zona Tidak Aktif TPA Tamangapa

DLH Tutup Permukaan Zona Tidak Aktif TPA Tamangapa
DLH Kota Makassar tutup permukaan sampah TPA Tamangapa

Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar lakukan pembenahan cover soil di zona tidak aktif disisi utara Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tamangapa yang berhadapan langsung dengan Kolam Lindi TPA. Hal tersebut dilakukan jelang penilaian yang akan dilaksanakan Kementrian Lingkungan Hidup RI untuk penghargaan Adipura Paripurna 2017.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar, Gani Sirman mengungkapkan ika di TPA Tamangapa sendiri ada beberapa hal yang akan dinilai yakni soal bau yang ditimbulkan tumpukan sampah, peneriamaan dan penataan sampah kota juga cover soil dan penghijauan di zona tidak aktif dari TPA.

“Penerimaan dan penataan sampah dari kota perharinya sebesar 1,2 ton sampah, TPA Tamangapa sendiri memiliki luas 18 hektare. Penimbunan sampah sudah berlangsung sejak tahun 90-an. Zona tidak aktif juga harus di cover soil atau ditutup permukaannya dengan tanah. Namun karena cuaca tidak mendukung, sementara kita tutup dengan plastik, karena kalau menggunakan tanah, akan luntur oleh hujan seperti sebelumnya,” ujarnya saat memantau proses cover di TPA Tamangapa.

Menurutnya, penutupan permukaan dengan menggunakan plastik juga sudah sesuai aturan. Ia mengungkapkan, fungsi dari cover soil sendiri bertujuan untuk menghijaukan zona tidak aktif dari TPA, menahan aroma tak sedap keluar dari tumpukan sampah, juga mencegah longsor.

“Kita lihat sendiri, di beberapa bagian TPA Tamangapa sudah ditumbuhi rumput dan pohon,” ujarnya.

Sementara, Kepala Bidang Ruang Terbuka Hijau (RTH) DLH Kota Makassar, Bahar Chambolon mengungkapkan jika cover yang dilakukan hampir sepanjang 300 meter. (zan)

No Responses

Leave a Reply