Pengusaha Keluhkan Mahalnya Rekomendasi Soal CnC

Pengusaha Keluhkan Mahalnya Rekomendasi Soal CnC
Ilustrasi

Clean and Clear (CnC) yang merupakan salah satu syarat pengurusan tambang di Sulsel dikeluhkan beberapa pengusaha yang hendak beraktivitas di Sulsel. Tak tanggung-tanggung, untuk mendapatkan tanda tangan orang nomor satu di Sulsel dalam bentuk rekomendasi itu harus merogoh kantong dalam-dalam, disebutkan mencapai Rp100 juta selembar.

Hal tersebut dikeluhkan oleh salah satu pengusaha yang hendak berinvestasi di Sulsel, baru-baru ini. Ditemui di salah satu warung kopi di Jalan Boulevard, Rabu (12/4), pengusaha yang enggan disebutkan namanya ini menegaskan bahwa tugas melaksanakan CnC ada di tangan pemerintah.

“Ini bukan lagi rahasia bagi pengusaha dalam pengurusan CnC. Inilah yang menghambat sehingga seluruh Sulsel yang merupakan pemegang IUP seolah-olah tiarap. Mau menghindari CnC takut ancaman pencabutan izin ingin mengurus CnC terkendala besarnya biaya yang harus dikeluarkan sejak mengurus administrasinya di dinas ESDM Sulsel,” terangnya.

Lanjutnya lagi, pengusaha pemegang IUP di Sulsel menjerit tanpa suara dan tak mampu lagi berbuat bagaimana. Satu hal yang sudah bukan rahasia umum juga terkait proses rekomendasi teknis dari dinas ESDM yang terkesan berbelit belit dan sangat lama tetapi juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit.
“Saat ini dimohon belas kasihan bapak Gubernur untuk membantu masalah ini sebelum semuanya tidak terkendali,” keluhnya. (*)

No Responses

Leave a Reply