Mendagri Minta SYL “Ajari” 74 Kepala Daerah Baru

Mendagri Minta SYL “Ajari” 74 Kepala Daerah Baru

Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo berikan pembekalan kepada 74 kepala daerah pemenang Pilkada tahun 2017, di Balai Diklat Kemendagri, Jakarta, Sabtu (29/4/2017).

JAKARTA – Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Syahrul Yasin Limpo (SYL) didaulat untuk memberikan pembekalan bersama Menteri Dalam Mendagri (Mendagri), Tjahjo Kumolo, dan Menkopolkam, Wiranto, kepada 74 kepala daerah pemenang Pilkada tahun 2017, yang belum sempat mengikuti pembekalan pada periode lalu, di Balai Diklat Kementrian Dalam Negeri di Jakarta, Sabtu (29/4/2017).

Berdasarkan siaran pers yang disampaikan Biro Humas Pemprov Sulsel, SYL diminta langsung oleh Mendagri untuk “mengajari” puluhan kepala daerah baru tersebut, karena dianggap sebagai satu-satunya kepala daerah yang “lengkap”, baik dari sisi pengalaman sebagai birokrat maupun politisi yang memiliki prestasi luar biasa.

“Membangun etika pemerintahan yang baik tanpa harus meninggalkan tugas utama pemerintahan, yaitu memberi rahmat kepada masyarakat, dan tidak sibuk melayani diri sendiri serta melindungi dan memberikan pelayanan yang baik adalah hal yang sangat penting bagi seorang kepala daerah,” kata SYL, saat menyampaikan materi pembekalan.

Pada kesempatan tersebut, SYL juga berbagi tentang tiga hal yang menjadi agenda utama dalam memimpin pemerintahan di daerah.

“Seorang kepala daerah harus memiliki tiga agenda utama dalam memimpin, yaitu agenda intelektual, agenda manajerial dan agenda behaviour kepemimpinan,” bebernya.

Gaya SYL dalam menyampaikan materi pembekalan pembekalan pun membuat para peserta pembekalan terpukau.

“Materi yang di sampaikan oleh Gubernur Syahrul bagaikan kuliah 7 SKS. Berbobot dan sarat makna bagi para kepala daerah yang ingin berbuat bagi daerahnya,” ujar salah satu kepala daerah yang berasal dari kawasan timur Indonesia. (*/opa)

No Responses

Leave a Reply