Musprov IX Purna Paskibraka Indonesia Sulawesi Selatan di Pimpin oleh Ketua DPRD

Musprov IX Purna Paskibraka Indonesia Sulawesi Selatan di Pimpin oleh Ketua DPRD
Foto bersama anggota Musprov IX Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Sulawesi Selatan di Pimpin oleh Ketua DPRD

MAKASSAR-Purna Paskibraka Indonesia merupakan Forum Organisasi Alumni Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang bertugas setiap tanggal 17 Agustus ditingkat kabupaten, provinsi dan nasional. Dengan banyaknya alumni dari berbagai tingkatan tersebut tentunya memilika dinamika berhimpun tersendiri.

Dari perhimpunan itulah kemudian diharapkan memiliki anggota yang profesional, kreatif serta mampu barkarya nyata untuk Indonesia. Subuah hal yang menarik dari Organisasi Purna Paskibraka Indonesia Sulawesi Selatan dalam melaksanakan Musyawarah Provinsi IX tahun 2017. Dari sekian banyak proses dinamika yang ada serta kaderisasi setiap tahun mampu melahirkan anggota yang hari ini memiliki kapasitas dan kapabilitas tersendiri.

Dari proses berorganisasi inilah kemudian di periode ke sembilan tahun 2017 dilaksanakan Musyawarah Provinsi (Musprov) pada 28 sampai dengan 30 April 2017 bertempat di Hotel Dinasti, Makassar. Proses Pembukaan dihadiri oleh pejabat muspida provinsi dan Ketua Umum Purna Paskibraka Indonesia serta senior alumni angkatan 80 hingga 90-an. Selain itu juga dihadiri oleh perwakilan Pengurus Kabupaten dan Kota se-Sulawesi Selatan.

Hal itu di ungkap oleh Marwan dalam sambutannya selaku Ketua PPI Sulsel masa bakti 2012-2017 yang akan demisioner. “Ini merupakan hal yg menggembirakan buat kita semua karena selain ajang silaturrahmi dan memupuk serta mempererat persaudaraan kita juga sekalian ajank reuni dan saling bertukar fikiran dalam membesarkan PPI,” tambah Marwan.

Proses pembukaan kegiatan dilaksanakan pada 28 April, selanjutnya sidang Pleno dilaksanakan pada 29 April 2017. Menariknya adalah Ketua DPRD Bulukumba (Hamza Pakki) Yang juga selaku ketua PPI Kabupaten Bulukumba bersedia menjadi Pimpinan Sidang didampingi oleh Ketua PPI Kota Pre-pare ,S. Parman Agoes Mante yang juga legislator di Kota Pare-pare serta pimpinan lain dari perwaiilan provinsi dan pusat.

Kedua legislator tersebut merasa terpanggil untuk memimpin jalannya musyawarah oleh karena mereka juga adalah orang yang pernah merasakan proses Paskibraka sewaktu duduk di bangku SMA. Proses persidangan berjalan lancar sesuai dengan harapan semua pihak dan Marwan terpilih kembali untuk yang kedua kalinya setelah menang voting dari Patriadi yang juga Ketua PPI Sidrap.

“Kepercayaan rekan2 dan saudaraku dari kabupaten Kota merupakan amanah dan tanggung jawab besar yang akan saya jalankan kembali sehingga saya akan senantiasa menghibahkan sebahagian waktu dan fikiran saya untuk membesarkan organisasi PPI ini,” ujarMarwan.

Dengan terpilihnya Marwan untuk priode 2017 hingga 2022, maka proses musyawarah selanjutnya ditutup langsung oleh Ketua Umum Pengurus Pusat Purna Paskibraka Indonesia dengan berpesan agar PPI di Sulawesi Selatan senantiasa menjadi contoh dan kiblat dalam profesinalisme berorganisasi.

“PPI dangan Slogan Birsahaja, Inovatif, Global (BIG) bukan hanya rangkaian kata tak bermakna tapi ia memiliki ribuan makna yang tersirat dan harus diimplementasikan oleh seluruh anggota purna paskibraka indonesia,”kata Goesta dalam sambutannya. Selain itu beliau berpesan agar Marwan tidak bekerja sebagai superman akan tetapi bekerja sebagai supertim sehingga pembagian tugas dan keterwakilan daerah dapat merata. (*)

No Responses

Leave a Reply