​Koperasi Diminta Ikuti Perkembangan Teknologi

​Koperasi Diminta Ikuti Perkembangan Teknologi

SOPPENG – Indonesia diprediksi akan menjadi negara digital terbesar di Asia pada tahun 2020 mendatang. Untuk itu, pengurus koperasi diminta menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman, khususnya yang terkait dengan perkembangan informasi, komunikasi dan teknologi. 
“Koperasi harus menyesuaikan diri dan mengikuti perkembangan teknologi, Hal itu agar koperasi tetap dan selalu dapat memberikan pelayanan prima kepada anggotnya dan masyarakat,” kata Ketua Dewan Koperasi Indonesia Wilayah (Dekopinwil) Sulawesi Selatan (Sulsel), Rahman Halid, saat menyampaikan sambutan dan arahannya pada Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Soppeng, di Aula KPRI Pada Ati, Jumat (19/5).

Ia juga meminta pengurus Dekopinda Soppeng untuk menyusun program dan langkah strategis yang bersinergi dengan program Bupati Soppeng, terutama yang terkait dengan pengembangan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat yang berbasis koperasi. 

“Sehingga potensi ekonomi masyarakat di desa dapat dimaksimalkan pengelolaannya,” ujarnya.

Ia menilai, perkembangan koperasi di Kabupaten Soppeng dari waktu ke waktu semakin baik. Hal tersebut, kata dia, ditandai dengan pelaksanaan RAT yang tepat waktu, omzet yang terus bertambah, dan semakin sedikitnya koperasi yang tidak aktif. 

“Untuk kedepan, perlu kita dorong dan perjuangkan agar Kabupaten Soppeng dapat menjadi Kabupaten Penggerak koperasi di Sulsel,” ucapnya.

Sementara, Bupati Soppeng, Andi Kaswadi Razak dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kepala Dinas PPK dan UKM Kabupaten Soppeng, Ilham berharap, melalui Rapat Kerja Dekopinda ini, koperasi di Kabupaten Soppeng dapat menunjukkan kembali jati dirinya sebagai organisasi ekonomi yang memiliki prinsip gotong royong dan kebersamaan.

“Kami berharap dilakukan upaya pembenahan koperasi dengan melakukan tiga langkah reformasi koperasi, yaitu rehabilitasi, reorientasi dan pengembangan,” ujarnya. 

Sekadar diketahui, saat ini jumlah koperasi di Kabupaten Soppeng tercatat sebanyak 202 Koperasi. Dari jumlah tersebut, 21 diantaranya sudah dibekukan. (abg/opa)

No Responses

Leave a Reply