​Pemda Latih Masyarakat Untuk Menjadi Pelaku Koperasi

​Pemda Latih Masyarakat Untuk Menjadi Pelaku Koperasi

BULUKUMBA – Pemerintah Kabupaten Bulukumba melalui Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten Bulukumba, menggelar pelatihan bagi masyarakat untuk menjadi pelaku koperasi melalui Fokus Group Discusion (FGD) di Kantor Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Berkat, dengan menagngkat tema ‘Pemberdayaan dan pengembangan koperasi’, Jumat (9/5/2017).
Kepala Dinas Koperasi UMKM Bulukumba, Taufik dalam laporannya mengungkapkan bahwa pelatihan tersebut dilakukan sebagai upaya untuk mendorong masyarakat, khususnya peserta pelatihan agar lebih memacu dan memotivasi diri guna mencapai peningkatan dan pengembangan kerjasama usaha koperasi di Bulukumba.

Ia mengatakan, Kabupaten Bulukumba merupakan salah satu daerah sentra perekonomian di Selatan Sulsel dengan  memiliki total sebanyak 308 unit koperasi. 

“Ada 308 Koperasi yang masuk database kami (Dinas Koperasi UKM). Hanya saja, kurang lebih setengahnya itu sudah tidak aktif. Diharapkan melalui kegiatan ini, setidaknya semangat pelaku koperasi kembali bangkit,” ujarnya.

Sementara, Bupati Bulukumba, AM Sukri Sappewali, saat membuka kegiatan tersebut mengatakan bahwa saat ini pemerintah memiliki kewajiban untuk menghidupkan perekonomian melalui koperasi. Olehnya itu, ia berharap melalui forum ini bisa dihasilkan solusi atau cara yang bisa digunakan untuk pengembangan kopersi di Bulukumba.

“Selaku pemerintah, saya berharap, koperasi memiliki peluang besar menghidupkan ekonomi kerakyatan dengan mempertahankan ekonomi desa, kami akan support terus. Kami akan berusaha, agar melalui forum ini lahir pelaku koperasi yang handal dan berguna untuk mengembangkan perekonomian di Bulukumba,” ujarnya. (edy/opa)

No Responses

Leave a Reply