​Victor Datuan Batara Pimpin PMI Tana Toraja

​Victor Datuan Batara Pimpin PMI Tana Toraja

TATOR – Wakil Bupati Tana Toraja, Victor Datuan Batara resmi memimpin Palang Merah Indonesia (PMI) Tanah Toraja periode 2017 – 2022. Pelantikan dan pengukuhan Victor dilakukan langsung oleh Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Ichsan Yasin Limpo, di Ruang Pola Kantor Bupati Tana Toraja, kemarin.
Hadir pada acara tersebut, Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae, Ketua DPRD Tana Toraja, Welem Sombolangi, Kepala Kejaksaan Negeri Makale, Jaka Suprana, Kapolres Tana Toraja, dan Plt. Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tana Toraja, Semuel Bura.

Dalam sambutannya, Ketua PMI Sulsel, Ichsan Yasin Limpo mengingatkan seluruh pengurus PMI Tana Toraja yang baru dilantik bahwa PMI memliki dua tugas utama, yakni tugas kebencanaan dan tugas kemanusiaan. 

Ichsan juga menyampaikan bahwa saat ini PMI baru memiliki tujuh Unit Transfusi Darah (UTD) di seluruh wilayah Sulsel. Sementara untuk memaksimalkan kebutuhan darah bisa merata, idealnya dibutuhkan sebanyak 10 UTD. Olehnya itu, ia mengungkapkan bahwa pihaknya melirik Kabupaten Tana Toraja untuk membangun UTD. 

“PMI masih membutuhkan tiga UTD lagi, termasuk untuk wilayah Toraja yang mencakup Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara. Untuk bisa membangun UTD tersebut, syaratnya Pemkab setempat harus menyiapkan lahannya untuk gedung dan pembangunan fasilitas lainnya. Kalau itu sudah ada dan siap, maka PMI Sulsel akan menyediakan seluruh peralatan dan kebutuhan lainnya,” kata Ichsan. 

Sementara, Buapti Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae mengatakan, kehadiran PMI di Kabupaten Tana Toraja memberikan spirit tersendiri bagi pemerintah dan masyarakat setempat. 

“Kehadiran PMI di Kabupaten Tana Toraja ini memberikan spirit tersendiri bagi kami. Dan Untuk bisa memaksimalkan fungsi dari keberadaannya, kita harus saling bersinergi, antara PMI dan pemerintah daerah. Kami siap bersinergi dalam memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat,” kata Nicodemus. 

Pada Kesempatan Tersebut juga dilakukan pelantikan dan pengukuhan 19 pengurus PMI tingkat kecamatan di wilayah Kabupaten Tana Toraja. (sld/opa)

No Responses

Leave a Reply