Hari Ini, Jemaah An-Nadzir Lakukan Puasa Penyambutan Ramadhan

Hari Ini, Jemaah An-Nadzir Lakukan Puasa Penyambutan Ramadhan

Pimpinan An-Nadzir Sulsel, Ustadz Lukman A Bakti. 

​GOWA – Hari ini, Kamis (25/5/2017), jamaah An-Nadzir yang bermukim di Kampung Mawang, Kelurahan Romanglompoa, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa, melakukan puasa penyambutan bulan Ramadhan. Hal tersebut disampaikan pimpinan An-Nadzir Sulsel, Ustadz Lukman A Bakti, saat ditemui, Rabu (24/5/2017) malam. 

Ia mengatakan, puasa penyambutan Ramadhan ini dilakukan karena jamaah An-Nadzir meyakini, hari Kamis (25/5/2017) sebagai awal masuknya Ramadhan. Namun belum sempurna.

“Besok (hari ini) itu masuk Ramadhan kira-kira antara pukul 08.00 – 10.00 Wita. Karena bulan terbit di barat, atau kurang lebih 10 derajat atau 6 derajat di bawah nol,” kata Lukman.

Lukman mengatakan, pihaknya telah melakukan pengamatan untuk awal Ramadhan sejak terbit 15 purnama di bulan Sya’ban. Berdasarkan hasil pengamatan tersebut, ditemukan bulan terbit pada Rabu subuh tadi, tepatnya pada pukul 04.26 Wita di sebelah timur atau disebut bulan sabit tua. 

“Apabila konsisten 54 menit pertambahan waktu terbitnya bulan, maka bulan akan kembali terbit pada hari Kamis pukul 05.20 Wita. Dan harus kita paham bahwa batasan siang dan malam itu pada fajar sidik. Fajar sidik juga akan terbit pada hari Kamis pukul 05.20 Wita,” ujarnya. 

Ia menjelaskan, dengan berpapasannya terbitnya bulan dan terbitnya fajar sidik pada hari Kamis, maka menurutnya, pada hari Jumat (26/5/2017) akan terbit pada pukul 06.16 Wita. Sehingga bulan yang terbit di barat pada hari itu (Jumat), sudah tidak dapat terpantau. 

“Itu karena matahari akan terbit terlebih dahulu di sebelah timur. Artinya perpisahan bulan Sya’ban terjadi pada hari Kamis,” jelasnya. (opa)

No Responses

Leave a Reply