UKP Mandiri Pertama di KTI Dilaksanakan di Polimarim AMI Makassar

UKP Mandiri Pertama di KTI Dilaksanakan di Polimarim AMI Makassar

SERTIFIKAT COC. Direktur Polimarim AMI Makassar, Amrin Rani didampingi Sekretaris DPKP, Ahmad Yani Ridzani, memperlihatkan sertifikat COC yang ditandatanganinya. Amrin diberikan kewenangan atas nama Dirjen Perhubungan Laut untuk menandatanganinya.


MAKASSAR – Untuk pertama kalinya di Kawasan Timur Indonesia (KTI), Politeknik Maritim (Polimarim) AMI Makassar menjadi lokasi pelaksanaan Ujian Keahlian Pelaut (UKP) mandiri, yang akan dilaksanakan oleh PUKP VII dan dihadiri DPKP selaku supervisor UKP pada 24 Juli mendatang.
Sekretaris Dewan Penguji Keahlian Pelaut khusus Kapal Niaga pada Perhubungan Laut, Ahmad Yani Ridzani, usai meninjau kesiapan pelaksanaan UKP Mandiri di Polimarim AMI Makassar mengatakan, ujian yang diperuntukkan bagi para tarunanya ini akan menjadi prestise tersendiri para taruna dan Polimarim. 

“Polimarim AMI Makassar sudah sangat siap untuk melaksanakan UKP. UKP ini sudah berbasis komputer, meskipun masih menggunakan sistem offline. Kita berharap, ke depan dan pada UKP selanjutnya sudah bisa menggunakan sistem online. Secara umum dan keseluruhan, baik sarana dan prasarana serta persiapan lainnya sangat baik dan siap untuk pelaksanaannya. Karena untuk melaksanakan UKP ada sejumlah persyaratan, salah satunya jarak duduk peserta. Dan Polimarim sudah sangat siap,” kata Ridzani, didampingi Direktur Polimarim AMI Makassar, Amrin Rani, Jumat (7/7). 

Dengan UKP ini, lanjut Ridzani, tentu seluruh taruna AMI akan berbangga dan percaya diri, karena bisa UKP di kampus sendiri. Selain itu, UKP ini juga dikatakannya akan memotivasi seluruh civitas untuk terus meningkatkan pelayanan dan fasilitas. 

“Sedangkan bagi lembaga pendidikan pelaut lainnya, apa yang dilakukan Polimarim AMI ini diharapkan menjadi contoh dan penggerak untuk bisa berbuat serupa,” ujarnya.

Sementara, Direktur Polimarim AMI Makassar, Amrin Rani menggaransikan bahwa UKP yang dilaksanakan kali pertama ini, akan disusul oleh UKP selanjutnya. 

“Kami akan terus berbenah. UKP pertama ini akan diikuti oleh 250 taruna. Ke depan, tentu kita akan semakin menyempurnakan sarana dan fasilitas, termasuk untuk pelaksanaan UKP. Kami juga telah memesan sedikitnya 100 komputer untuk kebutuhan UKP secara online nanti,” ungkap Amrin.  

Untuk kapasitas ruangan tempat pelaksanaan UKP, Amrin mengatakan, pihaknya akan menggunakan aula yang kapasitasnya bisa menampung sebanyak 350 orang peserta. 

“Ke depan, tentu itu akan semakin kami tingkatkan,” ujarnya. 

Selain dipercaya sebagai lokasi pelaksanaan UKP Mandiri, prestasi membanggakan lainnya yang berhasil dicatatakan Polimarim AMI Makassar adalah, diberikannya kewenangan kepada Direktur Polimarim AMI Makassar, Amrin Rani atas nama Dirjen Perhubungan Laut, untuk menandatangani salah satu sertifikat keahlian pelaut (Certificate Of Competency/COC). (lin/opa)

No Responses

Leave a Reply