Rakornas TPID Tahun 2017, Seluruh Kepala Daerah Diminta Berguru ke Sulsel

Rakornas TPID Tahun 2017, Seluruh Kepala Daerah Diminta Berguru ke Sulsel

Presiden Jokowi, saat membuka Rakornas TPID Tahun 2017, di Hotel Sahid Jakarta, Kamis (27/7/2017)

JAKARTA – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo meminta seluruh gubernur, wali kota dan bupati seluruh Indonesia untuk mencontoh upaya atau langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) dalam menjaga kestabilan perekonomian di daerahnya. Hal tersebut disampaikan Prosiden Jokowi dalam sambutannya saat membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi Tahun 2017 dengan tema ‘Mempercepat Pembenahan Efisiensi Tata Niaga Pangan melalui Penguatan Infrastruktur dan Pemanfaatan Teknologi untuk Kesejateraan Rakyat’, di Hotel Sahid Jakarta, Kamis (27/7). 
Hadir dalam kegiatan tersebut, 14 menteri kabinet kerja, Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo dan seluruh kepala daerah se-Indonesia. “Semua daerah bisa mencontoh Sulawesi Selatan yang perekonomiannya diatas tujuh persen,” kata Presiden Jokowi. 

Pada kesempatan tersebut, juga dilakukan dialog yang membahas bagaimana peran daerah untuk mempercepat pembangunan infrastruktur daerah. Termasuk apa saja yang perlu dilakukan untuk meningkatkan skala ekonomi usaha produksi pangan serta bagaimana peran daerah untuk meningkatkan efisiensi tata niaga komoditas pangan. 

Sementara, Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo yang diminta langsung oleh Presiden Jokowi untuk memaparkan stategi 

yang dijalankan Pemprov Sulsel dalam upayanya menekan inflasi pada dialog tersebut menyampaikan bahwa keberhasilan provinsi Sulsel dalam menekan inflasi tidak terlepas dari kerjasama seluruh stake holder yang selama ini telah dibangun dengan baik. 

“Inflasi dapat ditekan karena seluruh stakeholder bekerjasama untuk memantau setiap pergerakan harga. Harga sembilan bahan pokok dipantau secara maksimal dan berkala,” beber Syahrul.  

Sekadar diketahui, berdasarkan hasil survei Badan Pusat Statistik (BPS), tahun 2016 Sulsel mengalami inflasi terendah dalam 5 tahun terkahir, yakni sebesar 2,94 persen. (*/opa) 

No Responses

Leave a Reply