Gegara Pungli, Eks Kasek Smunel Dituntut 1 Tahun 6 Bulan

Gegara Pungli, Eks Kasek Smunel Dituntut 1 Tahun 6 Bulan

RADAR MAKASSAR – Mantan Kepala Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 5 Makassar, Muh Yusran dituntut rendah oleh jaksa yakni 1 tahun enam bulan denda 50 juta rupiah dipengadilan Tipikor jalan R A Kartini, Senin (14/8) sore.

Dibacakan JPU Ahmad Yani didepan Majelis Hakim Bonar Harianja saat gelaran sidang lanjutan dengan agenda tuntutan dalam kasus dugaan Pungutan Liar SMA 5 setelah beberapa pekan menghadirkan sejumlah saksi dalam persidangan.

“1 tahun enam bulan denda 50 juta rupiah subsider 1 bulan,” singkat JPU, Ahmad Yani.

banner 728x90

sebelumnya Dalam uraian dakwaan, Terdakwa dituduh berdasarkan alat bukti telah membuka penerimaan untuk 3 kelas jalur offline yang dinamakan kelas Smart.

Dugaannya berdasarkan bukti diketahui juga, sang kepala sekolah telah menerima uang dari orang tua calon siswa setelah dipastikan lulus dan masuk pada kelas smart. Sementara diketahui juga jumlah uang yang harus disetorkan variatif, antara Rp 5 juta sampai Rp 15 juta yang jika diakumulasi totalnya mencapai Rp400 juta.

Selain itu Terdakwa yang juga merupakan seorang Kepala SMA Negeri 5 Makassar diduga secara sengaja dan menggunakan wewenang serta jabatan yang melekat pada dirinya untuk kemudian menarik sejumlah pungutan pada orang tua siswa untuk bisa diluluskan melaui jalur offline.(**)

Penulis : Idier Chaidir
Editor : Fly Indra

No Responses

Leave a Reply