​Harga Hewan Kurban Melonjak

​Harga Hewan Kurban Melonjak

MAKASSAR – Dua minggu jelang Idul Adha, harga hewan kurban di Kota Makassar mengalami lonjakan yang cukup tinggi. Jika pada tahun sebelumnya harga hewan kurban (sapi) dengan berat sekitar 80 kilogram berkisar antara Rp9 juta per ekor, tahun iniharganya naik hingga mencapai Rp11 juta per ekor.  

“Harga hewan kurban tahun ini naik cukup tinggi, bahkan mencapai Rp11 juta per ekornya. Karena tingginya harga itu, konsumen yang tahun-tahun sebelumnya memesan hingga 5 sapi kurban, tahun ini hanya memesan 4 ekor. Mungkin ini karena waktunya yang hampir bersamaan dengan 17 Agustus dan juga tahun ajaran baru,” kata Dg. Serang, salah seorang penjual hewan kurban di Pammolongan, kemarin.
Meskipun saat ini permintaan hewan kurban mengalami penurunan dari tahun kemarin, lanjut Dg. Serang, hal itu tidak (belum) berpengaruh terhadap penurunan harga.  
“Walaupun harganya naik, tapi tetap saja pedagang berlomba-lomba berburu untuk mendapatkan dan membeli hewan kurban pada peternak sapi. Bahkan, saya sampai memesan sapi dari beberapa daerah, seperti Flores dan Ambon karena pasokan yang kurang,” ujarnya. (m1/opa)

No Responses

Leave a Reply