Jumlah Kunjungan Wisman Masih Jauh dari Target

Jumlah Kunjungan Wisman Masih Jauh dari Target

MAKASSAR – Berada pada posisi kelima berdasarkan hasil survei Trip Advesor ternyata tidak lantas membuat jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) ke Sulawesi Selatan (Sulsel) meningkat. 

Berdasarkan data Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulsel, hingga Juli 2017, jumlah kunjungan wisman baru sebanyak 24.237 kunjungan. Jumlah tersebut masih jauh dari target jumlah kunjungan wisman tahun ini yang dipatok mencapai 200.000 kunjungan. 

“Data kita, hingga juli 2017, jumlah kunjungan wisman ke Sulsel itu berjumlah 24.237 kunjungan. Untuk data updatenya, kita masih tunggu laporan hasil rekap dari kabupaten/kota,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulsel, Musafar.

Meski begitu, Musafar tetap mengaku tetap optimis target tersebut bisa tercapai. Berbagai event tahunan, destinasi serta  keanekaragaman adat Sulsel yang unik, diyakininya akan mampu menarik minat para wisman untuk berkunjung ke Sulsel. 

“Kita punya event-event tahunan yang menjadi andalan, seperti Lovely December di Tana Toraja, Festival Takabonerate di Selayar, dan beberapa event internasional lainnya. Dengan adanya event-event tersebut, kami optimis wisman yang datang ke Sulsel akan selalu bertambah, dan target kunjungan bisa dicapai,” ujarnya. 

Lebih jauh Musafar mengatakan, selain Tana Toraja, Makassar, Bulukumba, Selayar dan Wajo, saat ini Maros juga telah masuk dalam daftar destinasi yang banyak dikunjungi oleh wisman, baik dari Asean maupun Eropa. 

Berita lengkapnya, baca di Harian Radar Makassar edisi 22 September 2017

No Responses

Leave a Reply