​Pelaku UMKM Perlu Perlindungan Khusus dari Pemerintah

​Pelaku UMKM Perlu Perlindungan Khusus dari Pemerintah

MAKASSAR – Pelaku ekonomi skala Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) masih memerlukan perlindungan khusus dari pemerintah. Pasalnya, fasilitas dan teknologi bagi UMKM untuk menerapkan e-Commerce masih sangat minim, sehingga sangat mudah bagi perusahaan besar untuk mengambil peluang yang dimiliki UKM. Hal tersebut disampaikan pakar ekonomi dari Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Muhammad Rum.

Menurutnya, saat ini pemerintah harus membuat suatu aturan bagi pelaku UMKM dan perusahaan besar, dengan mempertimbangan bahwa pangsa pasar perusahaan besar lebih luas dan memiliki kemajuan teknologi yang lebih dibandingkan dengan pelaku UMKM.

“Pemerintah harus membuat aturan untuk melindungi pengusaha kecil agar tidak diintervensi oleh pengusaha besar, dan tidak masuk area UMKM. Jangan tumpang tindih dalam area marketing, karena dapat menyebabkan salah satunya mati,” kata Rum, Minggu (24/9/2017).

Dalam penerapan e-Commerce di kalangan pelaku UKM, lanjut Rum, pemerintah juga harus membuat perlindungan bagi konsumen, agar tidak ada yang dirugika jika nantinya terjadi masalah. 

“Dalam transaksi digital, kecurangan itu sangat mudah dilakukan. Olehnya itu, pemerintah juga harus membuat aturan yang melindungi para konsumen,” ujarnya. 
Berita lengkapnya, baca di Haroan Radar Makassar edisi 25 September 2017

No Responses

Leave a Reply