Biologi Open Day, Kegiatan Membudaya Jurusan Biologi FMIPA UNM

Biologi Open Day, Kegiatan Membudaya Jurusan Biologi FMIPA UNM

RadarMakassar.com – BODY (Biologi Open Day) adalah kegiatan besar atau kegiatan akbar yang digelar oleh Himabio FMIPA UNM. Kegiatan ini merupakan program kerja tahunan yang dilaksanakan dari tahun ke tahun, dimana pada tahun ini telah resmi dibuka Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah mewakili Gubernur Sulsel M. Iqbal S. Suhaeb.

Kegiatan ini diikuti oleh peserta dari SD/sederajat,SMP/sederajat, SMA/SMK/sederajat, dan Mahasiswa se-Indonesia dengan total 758 peserta untuk mengikuti berbagai lomba yang disediakan seperti Olimpiade Biologi SMA/SMP/SD, Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN), Journalism competition, Bio-Recycle, Akustik, Biology English Debating Championship, Storytelling, dan Tari Kreasi. Serta paket non lomba seperti Pameran Pendidikan dan Pameran Biologi.

Ketua Umum Himabio FMIPA UNM Firdaus Amrullah mengatakan, kegiatan ini membudaya dalam Jurusan Biologi FMIPA UNM. Sehingga jika tidak dilaksanakan ada sesuatu yang terasa hilang dalam kepengurusan. “BODY ini adalah kegiatan yang membudaya di Jurusan Biologi” ujarnya. Kegiatan ini berdasar dari Tridarma perguruan tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian ke masyarakat.

Dalam hal pendidikan, diharapkan keluaran BODY dapat memberikan semangat maupun motivasi untuk lebih giat belajar terutama dalam bidang biologi. Dalam hal penelitian dan pengabdian, peserta dan Mahasiswa diundang untuk melakukan penelitian seperti pada karya tulis ilmiah yang dapat diterapkan atau diimplementasikan kepada masyarakat, karena sebagai Siswa/Mahasiswa tentunya kita akan bergelut dalam masyarakat nantinya. Seperti Bio recycle yang jika diimplementasikan akan memberi manfaat bagi masyarakat.(*)

No Responses

Leave a Reply