Inkosistensi Bakal Jadi Boomerang Bagi NA-ASS

Inkosistensi Bakal Jadi Boomerang Bagi NA-ASS

RadarMakassar.com – Inkonsistensi yang ditunjukkan bakal calon gubernur Sulsel periode 2018-2023, Nurdin Abdullah (NA), sepertinya akan menjadi boomerang atau batu sandungan bagi dirinya sendiri.
Keputusannya untuk meninggalkan Taribali Lamo (TBL) di tengah jalan dan menggantinya dengan Andi Sudirman Sulaiman (ASS), membuat image negatif sebagai sosok yang tidak konsisten terbangun di masyarakat.
Pakar politik dari Universitas Hasanuddin Makassar, Andi Ali Armunanto menilai, hal ini tentunya akan memberikan pengaruh kepada para pemilih.
“Kalau kemudian inkonsistensi ini dikatakan akan menimbulkan masalah, saya pikir pasti akan ada yang mempermasalahkan. Dan tentunya akan memberi pengaruh bagi para pemilih, karena nanti dianggap dari awal saja sudah tidak konsisten, apalagi kalau nanti sudah menjabat,” kata Andi Ali Armunanto, kemarin.
Olehnya itu, kata dia, yang penting dilakukan saat ini oleh pasangan NA-ASS adalah bagaimana team work mereka mampu mengklopkan keduanya, dan membangun citra publik yang baru.
“Sehingga kemudian inkonsistensi ini bisa tertutupi dengan pencitraan yang dibangun dan ditunjukkan kepada publik,” ujarnya.
Akan tetapi, lanjut Andi Ali, jika kemudian masyarakat juga mengikuti perkembangan politik jelang Pilgub Sulsel di media, maka masyarakat juga seharusnya paham bahwa realita kondisi politik saat ini memang seperti itu.
“Dengan kemampuan retorika dan pencitraan publik yang baik, saya pikir ini akan bisa diatasi. Apalagi masyarakat kita sekarang kan sudah banyak mengakses berita dari berbagai sumber informasi, sehingga mereka bisa melihat secara realistis,” ucapnya.
Pasalnya, menurut Andi Ali, jika melihat dengan kerangka berpikir yang realistis, apa yang dilakukan NA adalah sebuah hal yang wajar untuk mencapai tujuan. Meskipun di satu sisi, inkonsistensi itu tetap saja bisa menjadi penilaian negatif bagi publik.
“Tapi menurut saya, sebenarnya ini hanya persoalan narasi saja. Tinggal bagaimana menarasikannya ke publik,” tutupnya. (**)

 

Editor : Opa

No Responses

Leave a Reply