Komdis PSSI Sanksi PSM Empat Laga

Komdis PSSI Sanksi PSM Empat Laga

RadarMakassar.com – PSM Makassar mendapat sanksi berat dari Komisi Disiplin PSSI buntut dari keributan penonton melawan Bali United Senin (6/11/2017) lalu. PSM dikenai sanksi 4 laga tanpa penonton.

Keputusan itu tertuang dalam Surat Komdis PSSI tertanggal 9 November 2017 dan berlaku sejak ditetapkannya SK Komdis hingga pertandingan mendatang.

Selain laga 4 kali tanpa penonton, Komdis PSSI juga menjatuhkan sanksi kepada ketua panpel tidak boleh menjadi penyelenggara selama 6 bulan ke depan.

Asisten pelatih Bahar Muharram sanksi 6 bulan tak boleh mendampingi tim. Seterusnya striker Ferdinand Sinaga dikenai sanksi 2 pertandingan.

Tak dijelaskan apakah Komdis memberi ruang banding atau tidak, namun kebiasaan selama ini keputusan itu dianggap final dan mengikat.

Terpisah, Asisten Pelatih PSM Makassar Bahar Muharram, memberi klarifikasi terkait kericuhan. Menurutnya, ia mengira tidak ada pemain seperti itu, Sukadana sudah di ganti di babak kedua.

“Setelah dia berada diluar, pemain itu selalu mengejek Ferdinand dan mengisaratkan menunjukkan jari tengah. Saat itu, saya berusaha untuk datang ke bench pemain Bali United dan memberi tahu, supaya tidak melakukan hal seperti itu,”ungkapnya.

Sementara dari kubu Bali United, Sukada yang dianggap biang provokasi diganjar hukuman 2 laga. Pemain ini tak boleh mendampingi tim Bali United termasuk, jika dia pindah klub.

Diketahui, saat itu pelemparan botol-botol air mineral dan bahkan bangku di tribun VIP, jelas sangat menyayat hati dan mencoreng sportivitas di sepakbola Indonesia.

Tetapi yang lebih menyakitkan adalah pemukulan kepada pemain serta ofisial Bali United. Asisten Pelatih Bali United Eko Purdjianto di lorong menuju ruang ganti Stadion Andi Mattalatta justru harus terkena tendangan di kaki oleh salah satu panpel pertandingan.

Eko pun mengalami luka di kaki.
Pelatih FIsik Bali United Rony Azhani terkena tendangan Ferdinand Sinaga. Yang lebih parah adalah bogem mentah yang diberikan Asisten Pelatih PSM Makassar Bahar Muharram. (**)

 

Penulis : Fly Indra

 

No Responses

Leave a Reply