Koalisi Ummat, Bukti Masyarakat Ingin Lebih Banyak Pilihan

Koalisi Ummat, Bukti Masyarakat Ingin Lebih Banyak Pilihan

RadarMakassar.com – Munculnya koalisi ummat yang merupakan gabungan dari beberapa ormas untuk mendorong Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu’mang maju melalui jalur perseorangan atau independen di Pilgub Sulsel 2018 mendatang, menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat Sulsel beberapa waktu belakangan ini.

Pakar politik dari Universitas Hasanuddin Makassar, Andi Ali Armunanto menilai, hal ini merupakan bentuk ketidakpuasan dari sebagian kalangan masyarakat Sulsel, yang merasa bahwa tiga pasang calon yang saat ini hampir pasti mendapat dukungan parpol untuk maju di Pilgub Sulsel melalui jalur usungan parpol belum bisa menjadi preferensi atau mewakili aspirasi mereka.

“Mungkin sebagian masyarakat merasa ketiga calon yang ada belum bisa menjadi preferensi mereka. Sehingga mereka mencoba memunculkan koalisi untuk mendorong kandidat atau figur baru yang mereka anggap bisa menjadi preferensi atau mewakili aspirasi mereka, untuk maju melalui jalur independen,” kata Andi Ali, Minggu (12/11/2017).

Menurutnya, hal ini adalah sesuatu yang wajar. Mengingat setiap parpol memang memiliki kepentingan atau tujuan masing-masing, sehingga tidak bisa merepresentasikan keseluruhan keinginan masyarakat.

Di sisi lain, lanjut Andi Ali, fenomena ini juga bisa diartikan bahwa masyarakat menginginkan lebih banyak pilihan (calon) pada Pilgub Sulsel mendatang.

“Mungkin sebagian masyarakat melihat ada figur potensial yang bisa mewakili aspirasi mereka tetapi tidak (belum) dilirik oleh parpol, sehingga mereka memunculkan gerakan-gerakan atau koalisi untuk mendorong figur tersebut,” ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu’mang sendiri tidak menampik jika dorongan dari sejumlah kelompok masyarakat yang memintanya maju di Pilgub Sulsel melalui jalur independen semakin kencang.

Namun, walaupun sampai hari ini jumlah dukungan parpol yang dimilikinya belum mencukupi, Agus AN tetap mengaku optimis akan mendapat dukungan yang cukup untuk maju di Pilgub Sulsel melalui jalur usungan parpol.

“Saat ini, itu (persiapan untuk maju melalui jalur independen) sementara berproses. Kita lihat nanti hasilnya seperti apa. Tetapi, saya masih optimis akan mendapat dukungan parpol yang cukup. Artinya, dua-duanya ini sementara berproses. Yang pasti, saya tetap optimistis bisa maju. Baik itu melalui jalur parpol maupun jalur independen,” pungkasnya. (**)

 

Editor : Opa

No Responses

Leave a Reply