2018, 90% Puskesmas di Sulsel Terakreditasi

2018, 90% Puskesmas di Sulsel Terakreditasi

RadarMakassar.com – Keberhasilan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) dalam mengangkat tingkat kesehatan masyarakat selama ini tidak terlepas dari dukungan pembiayaan yang memadai.

 

Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu’mang mengatakan, alokasi APBD untuk kesehatan di Provinsi Sulsel jumlahnya mencapai 10,42 persen.

“Ini merupakan proporsi pembiayaan kesehatan terbesar yang ada di Indonesia untuk tingkat provinsi,” kata Agus, dalam sambutannya pada acara Ramah Tamah dalam rangka peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53, di Baruga Karaeng Patingalloang, Senin (13/11/2017).

Mantan ketua DPRD Sulsel itu juga mengungkapkan bahwa jumlah pembiayaan untuk program kesehatan yang bersumber dari dana APBN sebesar Rp600 miliar lebih.

“Dengan upaya keras yang telah dilakukan melalui dana yang tersedia, maka Pemrov Sulsel telah mewujudkan 24 kabupaten/kota yang ada di Sulsel menjadi Kabupaten/Kota Sehat,” ujarnya.

Agus menambahkan, kemajuan bidang pelayanan kesehatan di Sulsel bisa terlihat dari terwujudnya Puskesmas yang terakreditasi. Dimana saat ini terdapat 64,7 persen Puskesmas yang tersebar di kabupaten/kota di Sulsel telah terakreditasi.

“Di tahun 2018 mendatang, diprediksi 90 persen lebih Puskesmas akan terakreditasi. Sementara untuk Rumah Sakit yang telah terakreditasi sebanyak 44,9 persen, dengan 3 rumah sakit paripurna, 4 Utama, 2 Madya, 3 Dasar, dan 22 peringkat Perdana,” paparnya.

Pada kesempatan tersebut, Agus juga menyerahkan berbagai penghargaan di bidang kesehatan untuk kabupaten/kota se-Sulsel. (**)

 

 

Editor : Opa

No Responses

Leave a Reply