Koalisi Ummat Punya Kekuatan Riil

Koalisi Ummat Punya Kekuatan Riil

RadarMakassar.com – Pakar politik dari Universitas Hasanuddin Makassar, Andi Ali Armunanto mengatakan, koalisi ummat yang saat ini muncul untuk mendorong Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu’mang maju melalui jalur perseorangan atau independen di Pilgub Sulsel 2018 mendatang merupakan kekuatan riil.

“Tentu saja kekuatan koalisi ummat ini akan berbeda dengan koalisi yang dibangun oleh parpol. Pasalnya, koalisi ini dibangun dari masyarakat di tingkat grassroot, sehingga kekuatannya lebih riil,” kata Andi Ali, Senin (13/11/3017)

Meski begitu, lanjut Andi Ali, yang akan sedikit menjadi kesulitan koalisi ummat ini adalah dalam hal memasifkan dukungan. Sebab, kelompok-kelompok ini, kata dia, tidak memiliki struktur (infrastruktur politik) selengkap dan sesiap yang dimiliki parpol.

Selain itu, untuk bisa memaksimalkan gerakan koalisi ini juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Terutama untuk biaya operasional orang-orang yang akan bekerja mobile mengumpulkan dukungan KTP, dan juga biaya administrasi untuk melengkapi formulir dukungan jalur independen.

“Selain waktunya yang sempit, biayanya juga tidak sedikit. Karena setiap form dukungan itu kan harus dilengkapi dengan materai. Itu saja sudah berapa, belum lagi biaya operasional untuk orang-orang yang harus bekerja mobile mengumpulkan ratusan ribu KTP. Saya pikir, biayanya mungkin tidak jauh berbeda dengan cosh politik yang harus dikeluarkan jika melalui jalur usungan parpol,” ujarnya.

Sebelumnya, Koordinator Tim Media Keluarga Agus Arifin Nu’mang, Fauzan mengaku, saat ini pihaknya masih tetap berusaha untuk maju melalui jalur usungan parpol.

“Memang dorongan dari berbagai pihak dan elemen masyarakat kepada bapak (Agus), agar maju lewat jalur independen semakin kuat. Tapi bapak masih sangat yakin akan mampu mendapatkan dukungan yang cukup dari parpol,” kata Fauzan.

Olehnya itu, lanjut Fauzan, saat ini tim tengah mengupayakan keduanya. Baik melalui jalur usungan parpol maupun jalur independen.

“Sambil menunggu dukungan parpol, tim juga sembari menyiapkan persyaratan agar bapak bisa maju melalui jalur independen. Semua potensi yang ada kita maksimalkan,” ungkapnya. (**)

 

Editor : Opa

No Responses

Leave a Reply