Warga Kecamatan Wajo Sangat Respon Pelayanan Home Care

Warga Kecamatan Wajo Sangat Respon Pelayanan Home Care

RadarMakassar.com – Ketua RT 2/ RW 4 Kelurahan Mampu, Kecamatan Wajo, Nasution Jarre mengakui sangat mengapresiasi inovasi Home Care atau Dottorotta yang dicanangkan Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto.

“Ketika ada warga yang sakit yang tergolong kalangan tidak mampu, kami hanya menelepon dan langsung direspon oleh dokter untuk mengobati,”ujarnya.

Sebelumnya, jelasnya, ada dua orang warga yang membutuhkan pengobatan, namun begitu dihubungi Call Center 112, petugas kesehatan lalu mendatangi rumah itu dan menanyakan apa penyakit dideritanya.

” Selain itu, administrasinya tidak ada kesulitan, lalu diobati dengan baik. Bahkan pasien tersebut langsung dibawa ke rumah sakit. Artinya direspon dengan baik.
Saya berharap inovasi pelayanan kesehatan yang ditetapkan Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan ”Danny” Pomanto dapat dipertahankan dan ditingkatkan menjadi dua kali tambah baik,”kata Nasution Jarre.

Diketahui, jika inovasi pelayanan kesehatan ke rumah dengan waktu 24 jam secara gratis. Home care atau Dottoro’ta telah dirasakan oleh warga.

Pelayanan ini juga terintegrasi dengan smart card warga Makassar dan Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) 112. Dengan demikian warga akan lebih mudah mendapatkan pelayanan kesehatan, tanpa perlu datang mengantri ke Puskesmas atau rumah sakit.

Sebab Home care dottorota’ mengunakan sistem telemedisin yang juga dilengkapi dengn sejumlah alat canggih seperti, EKG, dan USG. Pasien pun bisa langsung dilakukan diagnosa di rumah. Program ini banyak diadopsi daerah- daerah lain di Indonesia.

Bahkan Home Care dottorota’ ini telah menjadi program nasional dengan nama telemedika nusantara.

 

Penulis : Fadly Indra

No Responses

Leave a Reply