Pasca Pemukulan, Ternyata Relawan Appi Ludahi Tim DIAmi Duluan

Pasca Pemukulan, Ternyata Relawan Appi Ludahi Tim DIAmi Duluan

RadarMakassar.com – Siapapun akan marah jika diludahi. Warga Makassar tentunya mempertahankan budaya Siri Napacce. Begitulah pemicu keributan saat proses verifikasi faktual berlangsung di lorong II, Jalan Baji Ateka, Kecamatan Mamajang, Jumat (15/12).

Saat itu, Muh Syukur Muis, (50), Tim Pemenangan pasangan calon Danny-Indira (DIAmi) diberitakan melakukan pemukulan kepada Tim Pengawal Pilwali Bersih Makassar bentukan bakal calon wali Appi, melaporkan kejadian tersebut ke Kantor Polsek Mamajang.

Setelah terjadi pertengkaran, Muh Syukur Muis ternyata didatangi kembali oleh sekelompok dari tim Appi yang ingin mengintimidasi dirinya.

“Setelah saya dimintai keterangan dari penyidik Polsek Mamajang. Tidak lama kemudian saya didatangi lagi 7 orang dari tim Appi, langsung mengintimidasi. Untung saja ada beberapa warga yang melihat dan membantu,” ucap Muis.

Sebelumnya, Syukur menceritakan kronologi sebenarnya. Dia ternyata dengan tidak sengaja melayangkan tangannya ke arah Risaldi usai diludahi.

“Dia tunjuk saya. Setelah itu pertengkaran berlangsung, tiba- tiba orangnya Appi ludahi saya dan tendang perutku. Masa saya tidak membalas,” jelas Syukur.

Pasca dipukul, Risaldi lalu mendapatkan perawatan medis di RS Labuang Baji. Namun kabar terbaru Risaldi dipindahkan ke RS Awal Bros.

Diketahui mulai 12 -25 Desember 2017 dilakukan verifikasi faktual terhadap syarat dukungan bakal calon independen.

Sesuai Undang-undang Pilkada Nomor 10 Tahun 2016, yang melakukan verifikasi faktual tersebut adalah Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Proses verifikasi faktual dilakukan dengan metode sensus yaitu dengan cara mendatangi langsung pendukung masing-masing bakal calon perseorangan tersebut.

Pada pasal Pasal 48, (3d) hasil verifikasi faktual berdasarkan nama sebagaimana dimaksud pada ayat (3a), ayat (3b), dan ayat (3c) tidak diumumkan.

Lalu hasil verifikasi dokumen syarat dukungan pasangan calon perseorangan sebagaimana dimaksud pada ayat (3), ayat (3a), ayat (3b), dan ayat (3c) dituangkan dalam berita acara yang selanjutnya diteruskan kepada PPK dan salinan hasil verifikasi disampaikan kepada pasangan calon. (**)

Editor : Fly Indra

 

No Responses

Leave a Reply