Sejumlah Daerah Dilanda Banjir, Wagub : Ini Siklus Lima Tahunan

Sejumlah Daerah Dilanda Banjir, Wagub : Ini Siklus Lima Tahunan

RadarMakassar.com – Beberapa hari terakhir, bencana banjir melanda sejumlah kabupaten/kota di Sulsel. Dari laporan Badan Penangglangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulsel, sudah ada 10 kabupaten/kota yang terdampak banjir, yakni Makassar, Sidrap, Enrekang, Soppeng, Wajo, Pinrang, Bone, Takalar, Luwu, Luwu Utara dan Luwu Timur.

Khusus untuk banjir yang terjadi di Kota Makassar, Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu’mang melihatnya sebagai siklus lima tahunan. 

“Ini siklus lima tahunan. Tahun lalu kan tidak separah ini. Sekarang laporannya sudah ada empat titik banjir yang parah di Makassar, yaitu Jalan Swadaya, Perumahan Kodam III, Romang Tangngaya dan Paccerakkang,” kata Agus, kemarin. 

Untuk Makassar, kata dia, tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sudah turun. Wali Kota Makassar pun menurutnya juga sudah ke lokasi melihat dampak, guna mencari solusi dari bencana banjir tersebut.

“Bahkan, sudah ada dapur umum dan tim kesehatan yang diterjunkan ke lokasi,” ujarnya. 

Yang menjadi masalah, lanjut Agus, adalah banjir di beberapa kabupaten lain, yang menyebabkan rusaknya lahan pertanian dan tambak warga.  

Menurut Agus, tim dari BPBD Provinsi Sulsel juga saat ini masih mendata semua kerugian yang ditimbukan dari bencana banjir ini. 

“Kalau untuk lahan pertanian, dilihat dulu berapa lama terendamnya. Kalau hanya lima hari, itu tidak aka terjadi puso atau gagal panen. Hanya saja, kualitas padi dan tanaman pangan lain yang dihasilkan tentu akan menurun,” ungkapnya. 

Agus menambahkan, kalaupun nantinya bencana ba jir yang terjadi berdampak fatal hingga menyebabkan gagal panen, para petani tidak perlu khawatir. Sebab, seperti tahun-tahun sebelumnya, akan ada penggantian bibit. 

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, akan ada penggantian bibit dan dan bantuan bagi mereka yang merugi akibat bencana alam. Jadi petani tidak perlu khawatir,” tutup Agus. (**)

Editor : Opa

No Responses

Leave a Reply