Pilgub Sulsel 2018, Ketua KPU Tegaskan Kandidat Harus Sehat Fisik dan Psikologis

Pilgub Sulsel 2018, Ketua KPU Tegaskan Kandidat Harus Sehat Fisik dan Psikologis

Untuk Bertarung di Pilgub Sulsel, Ketua KPU Tegaskan Kandidat Harus Sehat Fisik dan Psikologis

MAKASSAR – Keempat pasangan bakal calon gubernur Sulsel periode 2018-2023, masing-masing Agus Arifin Nu’mang – Tanribali Lamo (AAN-TBL), Ichsan Yasin Limpo – Andi Mudzakkar (IYL-Cakka), Nurdin Halid -Azis Qahhar Mudzakkar (NH-Azis), dan Nurdin Abdullah – Andi Sudirman Sulaiman (NA-ASS) memasuki tahap pemeriksaan kesehatan, sebagai salah satu tahapan dalam proses pendaftaran bakal calon yang ditetapkan oleh KPU.

Ketua KPUD Sulsel, Iqbal Latief mengatakan, pemeriksaan kesehatan ini dilakukan untuk memastikan bahwa dari sisi kesehatan fisik dan psikologis, para kandidat mampu untuk menjalankan roda pemerintahan selama lima tahun kedepan.

“Kita (KPU) bekerjasama dengan tim dokter dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) untuk memeriksa kelayakan para kandidat. Semua kandidat harus dipastikan dulu bahwa dari sisi kesehatan, yang bersangkutan mampu untuk menjalankan roda pemerintahan selama lima tahun kedepan,” kata Iqbal, Jumat (12/1/2018).

Menurut Iqbal, ada tiga test atau pemeriksaan yang akan dijalani oleh para kandidat, yakni test narkoba, tes kesehatan fisik atau jasmani, dan test psikologis.

“Setelah semua tes selesai, tiga hasil test yang dilakukan tim dokter tersebut akan diserahkan kepada KPU. Selanjutnya, kita akan menjadikan hasil test itu sebagai pertimbangan untuk menetapkan para bakal calon menjadi calon,” terangnya.

Ditanya perihal langkah apa yang akan diambil oleh KPU jika nantinya dari hasil test tersebut ada kandidat yang mengalami atau mengidap penyakit kronis, Iqbal enggan berandai-andai. Ia hanya menegaskan bahwa semua kandidat harus sehat untuk bisa mengikuti kontestasi Pilgub Sulsel 2018.

“Kami tidak mau berandai-andai. Yang pasti, untuk bisa ikut bertarung di Pilgub, kandidat harus sehat secara fisik, psikologis dan bebas nakoba,” tutupnya. (**)
Editor : Opa

No Responses

Leave a Reply