Gagal Melaju di Pilwali, Daeng Ical Siapkan Kejutan Politik

Gagal Melaju di Pilwali, Daeng Ical Siapkan Kejutan Politik

RadarMakassar.com – Gagal mendapatkan rekomendasi usungan partai Demokrat untuk dikendarai di pemilihan wali kota(Pilwalkot). Kali ini Wakil Wali Kota Makassar, Syamsu Rizal akan memberikan kejutan politik.

Hanya saja Daeng Ical sapaan akrab Syamsul Rizal, belum mau blak-blakan terkait kejutan politik yang ia maksud. “Belum saatnya, nantilah. Akan ada waktunya saya bicara soal pilwali, soal partai, dan soal Plt,”terang Sekretaris DPD Demokrat Sulsel itu.

Sebagai seorang politisi, lanjut mantan legislator Makassar itu mengatakan, sudah menjadi keharusan seorang politisi mempersiapkan rencana B ketika  rencana A gagal diwujudkan.

“Bagi seorang politisi, planing B harus selalu ada,” terang Daeng Ical menanggapi langkah politik yang akan ditempuh setelah gagal melaju di pesta demokrasi lima tahunan di pilwalkot Makassar.

Ditanya soal jaminan Aparat Sipil Negara(ASN) yang tidak akan terlibat politik praktis, ketika nanti resmi menjadi pelaksana tugas(Plt) Wali Kota Makassar, Daeng Ical mengaku sudah menyiapkan jurus-jurus jika ada ASN yang tidak netral di pilwali.

“Tanggal 15 Februari baru saya akan sampaikan jurus-jurus yang akan dilakukan untuk menjaga ASN tetap netral. Kalau sekarang belum bisa kita paparkan panjang lebar karena belum kewenangan saya, masih bapak Moh Ramdhan Pomanto”jelasnya.

Ia mengaku tetap akan mengacu pada peraturan yang ada jika sudah resmi menjadi Plt wali kota. “Yang jelas saya kalau nanti sudah jadi Plt tetap akan melanjutkan program yang sudah ada,”termasuk kata dia melaksanakan semua peraturan daerah,peraturan wali kota dan prodak hukum yang ada. “Termasuk memastikan semua aparatur bisa objektif.”tambahnya.

Pengamat Politik Universitas Islam Negeri(UIN) Alauddin Makassar, Firdaus Muhammad menilai sebagai seorang politisi sekaligus pengusaha, Daeng Ical memiliki karir politik yang cukup melejit.

“Mulai dilegislatif hingga dieksekutif. Peluang kedepan Daeng Ical bisa kembali mencalonkan sebagai legislatif di tingkat kota maupun provinsi. Peluang ini ada tergatung Daeng Ical,”katanya.

Kemungkinan Daeng Ical akan membidik partai lain, lanjut Firdaus menilai hal tersebut berpeluang dilakukan oleh Ical. Apalagi stelah gagal mengendarai partai Demokrat yang membesarkan namanya di kanca perpolitikan Sulsel.

“Ical punya peluang maju legislatif di Demokrat kecuali kalau tertutup peluang karena alasan tertentu maka Ical bisa bidik partai lain,”tutupnya.

Penulis : Rahma Amin

No Responses

Leave a Reply