Bambang Dorong Penggunaan KPLP

Bambang Dorong Penggunaan KPLP

RadarMakassar.com – Anggota Komisi V DPR, Bambang Haryo Soekartono mendorong segera disahkan Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP) sebagai Coastguard di Indonesia.

Menurutnya, sesuai UU No.17 tahun 2008 tentang pelayaran sudah tertera dalam undang-undang tetapi PPnya belum ada sampai sekarang.

“Hingga saat ini KPLP belum difungsikan sebagai coastguard padahal KPLP terdapat di 141 pelabuhan internasional dan bahkan hampir seluruh pelabuhan di Indonesia sedangkan KAMLA tidak lebih dari 6 di pelabuhan internasional di Indonesia bahkan angkatan laut tidak lebih dari 50 pelabuhan internasional di indonesia keberadaannya,” katanya.

Dalam rangkaian kunjungan ini juga Bambang juga mengecek langsung Kapal Patroli KPLP dimana keberadaan kapal tersebut sangat vital dimana Makassar merupakan pelabuhan HUB terbesar di Indonesia Timur dan semua poros marintim domestik dan poros marintim dunia dimana Australia menuju Asia Bagian Timur semua melewati Makassar.

“Coastguard kita harus kuat karena nantinya membawahi KAMLA dan SARNAS , Sehingga kapal-kapal yang lewat terjadi masalah maka Coastguard itu yang akan bergerak. Tetapi setelah kami lihat ternyata kapalnya sangat kecil dan terbuat dari Fibber, kemenhub harus mengarahkan minimal 5 buah kapal yang layak dan besar dengan kecepatan tinggi untuk membantu poros marintim domestik dan dunia,” tutupnya.(**)

 

Editor : Syahfitra

 

No Responses

Leave a Reply