Debat Kandidat Pilgub Sulsel Edisi Ketiga, Agus-Tanribali Jadi “Man of The Match”

Debat Kandidat Pilgub Sulsel Edisi Ketiga, Agus-Tanribali Jadi “Man of The Match”

RadarMakassar.com – Pasangan Calon Guhernur dan Wakil Gubernur Sulsel nomor urut 2, Agus Arifin Nu’mang-Tanribali Lamo (Agus-Tanribali) menjadi “man of the match” pada Debat kandidat Pilgub Sulsel edisi ketiga yang digelar di Studio TVRI Jakarta, Rabu (9/5/2018) malam.

Pasalnya, selain strategi yang dipaparkan Agus Arifin Nu’mang dalam mewujudkan sistem birokrasi yang baik (good governance) mendapat pengakuan sebagai strategi yang tepat dari kandidat lain, pemaparan tentang bagaimana menyelesaikan persoalan HAM dan kelompok minoritas yang disampaikan Tanribali Lamo secara padat, lugas dan langsung menyentuh substansi permasalahan dengan berdasarkan aturan perundang-undangan juga mendapat apresiasi dan tepuk tangan dari pendukung kandidat lain yang hadir di lokasi debat.

Dalam debat tersebut, saat ditanya oleh Calon Gubernur nomor urut 1, Nurdin Halid (NH) soal bagaimana strateginya untuk mewujudkan sistem birokrasi yang baik di Sulsel, Agus Arifin Nu’mang menyampaikan bahwa salah satu visi misi yang diusungnya bersama Tanribali Lamo adalah mewujudkan pemerintahan yang berkeadilan.

“Fungsi seorang gubernur dan wakil gubernur adalah fungsi pengawasan dan pembinaan secara berkeadilan sesuai dengan aturan yang ada. Kalau ada maslah korupsi atau masalah administrasi di suatu daerah, kita harus jalankan fungsi itu,” kata Agus.

Implementasi dari apa yang disampaikannya tersebut, lanjut Agus, sudah ia buktikan selama 10 tahun terakhir bersama dengan Syahrul Yasin Limpo memimpin Sulsel.

“10 tahun saya sebagai wakil gubernur yang menjalankan fungsi pengawasan itu. Dalam setiap keputusan yang saya ambil, saya tidak pernah melibatkan keluarga,” ungkapnya.

Lebih jauh Agus mengatakan, hal yang juga sangat penting untuk diterapkan dalam uoaya mewujudkan good goverment adalah memastikan sistem rekruitmen dan promosi jabatan yang transparan dan profesional.

“Rekruitmen dan promosi jabatan harus transparan dan profesional. Tidak ada yang boleh ditutup-tutupi, agar pejabat yang dihasilkan betul-betul punya kapasitas dan kapabilitas yang mumpuni unyuk menjalankan tugasnya. Tidak boleh terjadi ada pangkat yang lebih rendah memerintah pangkat yang lebih tinggi. Agus-Tanribali menjamin itu,” tegasnya.

Mendengar jawaban Agus, NH pun mengaku sangat setuju dengan apa yang disampaikan mantan wakil gubernur Sulsel dua periode itu.

“Saya sangat setuju dengan apa yang disampaikan pak Agus dalam mewujudkan good governance di Provinsi Sulsel. Itu sangat tepat,” kata NH.

Sementara, pasangan Agus Arifin Nu’mang, Tanribali Lamo saat menjawab pertanyaan panelis soal bagaimana pandangannya terkait permasalahan HAM dan kelompok minoritas, juga menyampaikan pemaparan yang memukau seluruh kandidat cagub dan cawagub serta para pendukung keempat calon yang hadir di lokasi debat.

Mantan Dirjen Kesbangpol Kemendagri itu mengupas tuntas tentang bagaimana seharusnya negara dan pemerintah bersikap dalam mengatasi masalah HAM dan kelompok minoritas.

“Hal ini sudah diatur dalam Undang-Undang Dasar negara kita. Yakni pada Pasal 28 ayat J. Disana jelas disebutkan bahwa dalam melaksanakan atau menjalankan HAM, seseorang juga harus menghormati HAM orang lain atau sesama warga negara,” kata Tanribali.

Sementara untuk kelompok minoritas, lanjut Tanribali, tugas dan kewajiban negara melalui pemerintah juga jelas di dalam aturan tersebut.

“Bahwa negara dalam hal ini pemerintah wajib untuk menjaga dan melindungi serta memberikan oelayanan dan akaes bagi seluruh warga negara tanpa membeda-bedakan suku, agama, ras dan golongan tertentu. Ini yang perlu dipahami seluruh pemimpin dan masyarakat, bahwa seluruh warga negara memiliki hak yang sama,” paparnya.

Jika itu benar-benar dijalankan, Tanribali meyakini bahwa tidak akan ada lagi masyarakat yang merasa sebagai kelompok minoritas.

“Kalau ini benar-benar dijalankan, maka tidak akan ada masyarakat yang merasa sebagai kelompok minoritas. Kami pastikan hal itu akan kami laksanakan jika Agus-Tanribali terpilih sebagai gubernur dan wakil gubernur Sulsel,” pungkas Tanribali, yang kemudian disambut dengan tepuk tangan dari bukan saja pendukungnya, tetapi pendukung juga dari pendukung paslon lainnya. (**)

Editor : Opa

No Responses

Leave a Reply