272 Guru Mengaji Tradisional dan Keluarga Prasejahtera Terima Bantuan dari Baznas

272 Guru Mengaji Tradisional dan Keluarga Prasejahtera Terima Bantuan dari Baznas

RadarMakassar.com, Bulukumba – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Bulukumba kembali menyalurkan santunan kepada para guru mengaji tradisional dan keluarga prasejahtera pada 136 desa dan keluarahan di Kabupaten Bulukumba.

Hal ini disampaikan Ketua BAZNAS Kabupaten Bulukumba Muhammad Yusuf Shandy, Lc, Jumat (25/5).

Ia menjelaskan, pada tahun H/2018 M ini, terdapat 272 guru mengaji dan keluarga prasejahtera yang mendapatkan bantuan. Hal tersebut berdasarkan usulan para Camat bersama para Kepala KUA.

“ Dana zakat, infak dan sedekah yang dihimpun BAZNAS, merupakan amanah. Jadi kami salurkan kepada yang berhak, secara merata di 10 kecamatan yang ada di Bulukumba,” ujarnya kepada Radar Makassar.

Menurutnya, program penyaluran dana ZIS tidak boleh keluar dari lima hal. Sebab terkait langsung dengan hajat dan kebutuhan dasar para mustahiq, yaitu program kesehatan, kesejahteraan, pendidikan, dakwah, dan kemanusiaan.

” Kami di BAZNAS hanya memberikan petunjuk pengelolaan dan menunggu laporan saja. Kalau terkait dengan zakat fitrah. Karena prihal tersebut memiliki aturan khusus yang sangat ketat, terutama dalam hal waktu pengumpulan dan pendistribusiannya,” kunci Yusuf Shandy.

 

Penulis : Edy
Editor : Indra

No Responses

Leave a Reply