Kapolres Beri Bimbingan Kamtibmas

Kapolres Beri Bimbingan Kamtibmas

RadarSelayar.com – Kapolres Kepulauan Selayar AKBP. Syamsu Ridwan, S IK, aktif melakukan bimbingan Kamtibmas kebeberapa Mesjid melalui agenda Safari Ramadhan, sambil bersilaturrahmi dengan  masyarakat  Kepulauan Selayar.

Malam ini Rabu, (30/5/2018) Kapolres  mengunjungi  Masjid Nurul Hidayah Muhammadiyah, di Jln. Jeruk Kelurahan Benteng Kecamatan Benteng, Kabupatean Kepulauan Selayar.

Turut hadir dalam pelaksanaan Sholat Tarwih secara berjamaah yakni Tokoh Masyarakat Jufri Baso, Mahmuddin Kebo, Kabag Ren Polres Kep. Selayar Kompol Sujabmanto bersama Kasat Sabhara Akp Drs. Abdullah dan dihadiri 300 Jemaah kaum muslimin.

Dalam sambutan Kapolres Kep. Selayar AKBP. Syamsu Ridwan, mengingatkan  beberapa Faktor yang menyebabkan  terjadinya tindak kriminal. diantaranya  Penjagaan yang lemah, misalnya Kurang atau sedikitnya kehadiran Polisi di tengah-masyarakat serta tidak adanya Pam swakarsa seperti Pos Kamling dan Pos ronda merupakan  salah satu  faktor.  Selain  itu  faktor  kelengahan  dan keteledoran  dari warga sendiri. 

“Jangan jadi Korban yang menawarkan dirinya jadi korban, ini sering terjadi misalnya  Seorang ibu yang pergi ke pasar membawa emasnya yang berlebihan. Pelaku awalnya tidak ada niat, namun melihat emas yang banyak Pelaku akhirnya muncul dan berniat karena melihat Peluang tersebut “, jelas Syamsu Ridwan. 

Lebih lanjut beliau menyebutkan bahwa pelaku yang termotivasi karena adanya perubahan kejahatan yang  memanfaatkan anak di bawah umur. Hal ini terjadi seperti dalam kasus begal anak yang digunakan sebagai kurir narkoba.

Kepada pengurus Masjid dan Jamaah,  Kapolres mengaku terhormat bisa berada di Masjid Nurul Hidayah Muhammadiyah .

“Saya merasa terhormat bisa berada di sini, karena secara Pribadi Saya juga merupakan bagian dari Muhammadiyah, yang pernah mengikuti jenjang pendidikan dasar di Muhammadiyah, di kampung saya, yakni Jogyakarta,” ungkapnya.

Diakhir  arahannya Kapolres menyatakan bahwa Kepolisian wajib memberikan rasa aman dan tentram kepada masyarakat terutama agar bisa beribadah dengan aman dan tentram. 

Oleh karenanya  ia berkomitmen  bahwa  Polres  akan  menggunakan  segala  upaya  untuk  menjamin  keamanan  Masyarakat Kepulauan Selayar. (bun/niz)

No Responses

Leave a Reply