Jadi Tuan Rumah Variasi, Talas Target 20 Peserta se Indonesia

Jadi Tuan Rumah Variasi, Talas Target 20 Peserta se Indonesia

RadarMakassar.com – UKM Seni dan Budaya Talas Unismuh Makassar yang ditunjuk sebagai tuan rumah Variasi 5, targetkan sebanyak 20 perserta dari seluruh Indonesia yang nantinya bersaing dalam ajang unjuk kebolehan dalam seni gerak atau seni tari.

Ketua Panitia Variasi 5 Nurul Rafiah Nursalim menjelaskan, kegiatan yang di gelar dua tahun sekali itu, adalah ajang terbesar Festival tari untuk kalangan lembaga seni kampus se Indonesia.

“Variasi 4 kemarin di Jember, dan untuk Variasi 5 kami (Talas) memberanikan diri untuk menjadi tuan rumah,” jelasnya dalam konfrensi persnya.

Dia menjelaskan, rangkaian pertama pada kegiatan menuju Variasi 5 yang akan diselenggarakan pada 7 sampai 15 April 2019 mendatang yakni membuka pendaftaran secara resmi.

“Kami buka pendaftaran sampai pada 17 Novber 2018. Kami dari panitia menargetkan peserta yang lolos kurasi itu minimal 20 peserta,” tutur Bendahara umum UKM SB Talas itu.

Kali ini, kata dia, Variasi 5 Makassar menganggkat tema “Nusatari”, dan untuk tema garapan tari bagi peserta yakni “Tubuh Tari dan Tuhan”.

Di tempat yang sama, Rektor Unismuh Makassar Dr Abdul Rahman Rahim menambahkan, pihak universitas sendiri telah menyiapkan Gedung Balai Sidang Unismuh, sebagai tempat pelaksanaan kegiatan nantinya.

“Ini sebagai langkah awal Universitas, dalam me-support kegiatan ini. Pihak Universitas juga akan menyediakan pelayanan yang layak bagi peserta yang ikut dalam ajang tersebut.” singkat Abdul Rahman Rahim

“Tentu sebagai tuan rumah, bagimana memberi kepuasan pada peserta nantinya, karena ini kegiatan kemahasiswaan tentu banyak warna, dan kita harap warna itu tidak leluar dari nilai nilai islam,” sambungnya.

Sementara, Ketua pembina UKM Seni dan Budaya Talas, Dr Erwin Akib menjelaskan, kegiatan kemahasiswan seperti ini, secara otomatis menjadikan kampus lebih dikenal.

“Kami juga tentu tidak akan berdiam diri, dan akan terlibat langsung menyukseskan kegiatan ini. Kedepan saya menantang Talas untuk menggelar kegiatan skala internasional,” harap Erwin, yang juga merupakan Dekan FKIP Unismuh Makassar itu.

Dalam ajang ini, sedikitnya ada 12 kategori lomba, yakni penyaji terbaik 1 ,2 dan 3, koreografer terbaik, penata cahaya terbaik, penata musik terbaik, penta rias dan kostum terbaik, penata artistik terbaik.
kontingen terbaik, penari pria terbaik, penari wanita terbaik, dan deasin grafis terbaik.(dan/rdm)

No Responses

Leave a Reply