Kunjungan Balai Kota Solo, Jokowi Terkagum-kagum

Kunjungan Balai Kota Solo, Jokowi Terkagum-kagum

RadarMakassar.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya pernah menjabat sebagai Walikota Solo. Saat mudik Lebaran, Jokowi menyempatkan datang ke Balai Kota Solo.

Sang Presiden tiba di Bali Kota Solo pada Minggu (17/6) siang sekitar pukul 13.08 WIB. Kunjungan itu dilakukan Jokowi usai melakukan pembagian sembako di Gandekan, Jebres, Solo.

Sebelum Jokowi tiba, Walikota Solo F.X. Hadi Rudyatmo sudah siap melakukan penyambutan di Balai Kota. Rudy mengenakan kaos merah, celana hitam dan mengenakan topi warna hitam. Kunjungan Presiden Jokowi hanya berlangsung sebentar, tidak lebih dari 10 menit.

Pada kesempatan tersebut, Rudy mengajak Jokowi untuk melihat kondisi Pendapi Gedhe yang banyak mengalami perubahan. Sebelumnya kondisi Pendapi Gedhe tertutup. Sekarang Pemkot Solo sudah mengubahnya menjadi terbuka. Tidak ada kaca maupun sekat yang menutup Pendapi.

Selain melihat Pendapi Gedhe, Jokowi juga melihat kondisi halaman dan pintu masuk Balai Kota. Saat masa kepemimpinan Jokowi dulu, Balai Kota masih ada pintu gerbangnya. Sekarang pemkot mengubahnya dan menghilangkan pintu gerbang. Sehingga tampang depan Balai Kota terlihat cukup berbeda. Tidak hanya lebih leluasa, Balai Kota juga tampak lebih luas tanpa adanya pintu gerbang.

Usai berbincang dengan Rudy, Jokowi pamit dan meninggalkan kompleks Balai Kota Solo.

Kepada wartawan, Rudy mengatakan bahwa kunjungan Jokowi dilakukan setelah dirinya memberitahu mengenai kondisi Balai Kota. Menurutnya, Jokowi sangat terkagum-kagum saat melihat Balai Kota. “Ini ide dari mana, bagus banget ini,” terang Rudy menirukan Jokowi.

Rudy menambahkan, renovasi yang dilakukan murni idenya. Dia memang sengaja mengubah wajah Balai Kota Solo sebagai simbol keterbukaan. Pada kesempatan tersebut, Rudy juga menyampaikan kepada Jokowi bahwa Pemkot Solo akan melakukan sejumlah renovasi. Salah satunya masjid di Balai Kota dan jalan di depan Balai Kota.

“Tadi juga saya pameri lagi Galabo. Sekarang kan sudah penataan dan dipindah di Selatan Benteng Vastenburg. Sehingga tidak ada lagi penutupan jalan,” ucap Rudy. (rakteng/jpc/ind)

No Responses

Leave a Reply