Manfaatkan Serangan Balik, Mexico Sukses Kalahkan Jerman

Manfaatkan Serangan Balik, Mexico Sukses Kalahkan Jerman

RadarMakassar.com – Juara bertahan sekaligus kandidat juara, Jerman tumbang pada pertandingan pertamanya di Piala Dunia 2018. Adalah Meksiko yang berhasil mengalahkan tim asuhan Joachim Low ini dengan skor 0-1 di Stadion Luzhniki, Moskow, Minggu (17/6) malam.

Kemelut terjadi di depan gawang Jerman saat laga baru menginjak menit kedua. Berawal dari tembakan Hirving Lozano yang diblok Jerome Boateng, bola liar berhasil dicuri Miguel Layun. Sayang kesempatannya dipatahkan kiper Manuel Neuer.

Jerman meresponnya dengan sepakan mendatar Timo Werner pada menit ketiga. Sayang arah bola menyamping di kanan gawang. Percobaan dilakukan gelandang Meksiko Hector Herrera pada menit kesepuluh. Namun bola berhasil ditangkap Neuer.

Kesempatan untuk Meksiko kembali hadir pada menit ke-14. Akan tetapi heading Hector Moreno masih mampu diamankan Neuer. Toni Kross melepaskan tembakan jarak jauh pada menit ke-22. Namun bola mengarah ke tangkapan Guillermo Ochoa.

Serangan balik cepat yang dibangun anak-anak Meksiko cukup merepotkan lini pertahanan Jerman. Ada tiga counter attack mematikan milik Meksiko hingga menit ke-30. Sayang Javier Hernandez dan Hirving Lozano gagal memaksimalkannya menjadi gol.

Umpan terobosan yang sangat cantik diberikan Carlos Vela ke jantung pertahanan Jerman pada menit ke-34. Walaupun tinggal berhadapan dengan Neuer, sayang bola gagal dijangkau Miguel Layun.

Meksiko unggul 1-0 lewat gol Hirving Lozano menit ke-35. Gol diawali dari umpan jauh Vela ke Chicarito Hernandez. Eks Manchester United itu menyodorkan bola ke Lozano yang berdiri bebas. Lozano dengan sangat tenang berhasil melumpuhkan Neuer.

Der Panzer, julukan Jerman kembali mendapatkan peluang emas dari tendangan bebas Kroos pada menit ke-39. Akan tetapi bola berhasil ditepis Ochoa sehingga hanya membentur mistar gawang.

Ketika serangan-serangan Jerman menemui jalan buntuk, Meksiko membuat tusukan-tusukan mematikan dari serangan balik. Satu peluang diciptakan Vela menit ke-45. Sayang arah bola menyamping di kanan gawang. Skor 1-0 bertahan hingga jeda.

Tidak ada perubahan strategi yang dilakukan Jerman pada babak kedua. Bek kanan Joshua Kimmich masih leluasa naik untuk membantu serangan. Jerman langsung menekan pertahanan Meksiko sejak babak kedua dimulai.

Jerman melakukan pergantian pertama pada menit ke-60. Pelatih Joachim Low memasukkan Marco Reus menggantikan Sami Khedira. Sementara Meksiko menarik Carlos Vela dan memasukkan bek 20 tahun Edson Alvarez.

Sebuah tendangan salto kaki kanan dilakukan Joshua Kimmich pada menit ke-65. Hanya saja bola masih melambung di atas gawang Meksiko. Dua kesempatan didapat Jerman pada menit ke-68. Sayang kedua kans itu gagal menjadi gol.

Gempuran Jerman ke pertahanan Meksiko tak mengendur pada 20 menit terakhir menjelang pertandingan berakhir. Untuk memperkuat sektor pertahanannya, Meksiko menurunkan sang legenda hidup Rafael Marquez pada menit ke-74.

Tembakan kaki kanan super kencang dilepaskan Toni Kroos dari luar kotak penalti. Sayang usahanya pada menit ke-76 tersebut hanya membuat bola melebar di kiri gawang Meksiko.

Counter attack Meksiko kembali membahayakan gawang Jerman pada menit ke-78. Sayang eksekusi Layun masih belum sempurna. Bola melambung jauh dari gawang Jerman. Jerman memperkuat serangan dengan memasukkan Mario Gomez menit ke-79.

Layun kembali mendapatkan ruang yang sangat terbuka untuk menembak pada menit ke-82. Dasar kurang tenang serta tidak akurat, sepakan pemain Sevilla melenceng jauh dari gawang Manuel Neuer.

Segala daya dan usaha para pemain Jerman benar-benar menemui jalan buntu. Pertahanan Meksiko terlalu kuat untuk ditembus. Usaha melalui open play maupun set piece sama-sama gagal berbuah gol. Skor 1-0 untuk kemenangan Meksiko bertahan hingga laga usai. (jpc/rdb/fly)

No Responses

Leave a Reply