Prancis Taklukkan Australia, Ini Pemain Kuncinya?

Prancis Taklukkan Australia, Ini Pemain Kuncinya?

RadarMakassar.com, Kazan – Gol pemain Manchester United Paul Pogba mengantar Prancis menang tipis atas Australia dengan skor 2-1. Walaupun berhasil mendapatkan tiga poin, Perancis bermain kurang greget pada laga di Kazan Arena, Sabtu (16/6) sore itu.

Prancis membuka babak pertama dengan peluang Kylian Mbappe pada menit pertama. Sayang sepakannya berhasil ditepis kiper Matthew Ryan. Peluang kedua hadir dari tendangan bebas Paul Pogba menit kelima. Lagi-lagi kans itu digagalkan Ryan.

Kesempatan ketiga untuk Les Bleus, julukan Prancis, hadir pada menit keenam. Kali ini melalui sepakan jarak jauh Antoine Griezmann. Sayang bola berhasil diamankan dengan sempurna oleh Ryan.

Australia memperoleh kesempatan perdananya dari set piece. Sundulan winger Mathew Leckie hampir mengoyak gawang Perancis pada menit ke-16. Namun kiper Hugo Lloris dengan sigap berhasil menepis bola keluar dari lapangan.

Walaupun menguasai pertandingan, Prancis sangat kesulitan untuk mencetak gol. Sementara Australia berani menandingi Perancis dengan permainan terbuka. Tidak ada perubahan skor hingga setengah jam babak pertama berlangsung.

Acungan jempol patut diberikan kepada Australia. Mereka menerapkan sistem pertahanan yang sangat rapat dan susah ditembus. Mereka menjebak pemain Perancis yang masuk ke wilayah pertahanannya, lalu membalasnya dengan counter attack.

Aliran bola untuk Antoine Griezmann juga minim. Penyerang Atletico Madrid tersebut slelau dikawal oleh dua bek Australia. Segala serangan Perancis, baik melalui bola lampung maupun tusukan mendatar, selalu sukses dipatahkan bek Australia.

Peluang pamungkas untuk Prancis tercipta dari sepakan jarak jauh Aziz Behich menit ke-46. Namun bola belum menemui sasaran. Skor imbang tak bergeming hingga babak pertama usai.

Pogba/int

Prancis mendapat hadiah penalti menyusul pelanggaran Joshua Risdon kepada Antoine Griezmann pada menit ke-55. Wasit harus melihat VAR sebelum mengambil keputusan. Eksekusi kaki kiri Griezmann berhasil mengoyak gawang Australia. Perancis unggul 1-0.

Giliran Australia yang mendapatkan hadiah penalti menyusul handball Samuel Umtiti pada menit ke-61. Mile Jedinak yang menjadi eksekutor berhasil menjinakkan Hugo Lloris. Skor berubah menjadi sama kuat 1-1.

Back pass Mathew Leckie kepada Matt Ryan hampir berbuah petaka untuk Australia pada menit ke-68. Beruntung penjaga gawang Brighton & Hove Albion ini sangat sigap dalam menghalau bola dari kejaran Mbappe.

Prancis mengubah strategi dengan memasukkan Olivier Giroud dan Nabil Fekir pada menit ke-70. Mereka menggantikan Griezmann dan Dembele. Fekir langsung memperoleh kans pada menit ke-73. Sayang ia gagal menjaringkan bola.

Paul Pogba membawa Prancis unggul 2-1 pada menit ke-80. Selepas menerima umpan Giroud, sontekan pemain Manchester United ini sempat membentur mistar sebelum memantul ke dalam gawang.

Prancis aktif menyerang setelah unggul 2-1. Sebuah kesempatan diperoleh dari tendangan bebas Fekir pada menit ke-89. Sayang sepakan pemain Lyon tersebut hanya membentur pagar hidup.

Serangan Prancis ke pertahanan Australia tak mengendur hingga menit-menit akhir babak kedua. Sayang mereka gagal menambah keunggulan. Skor 2-1 untuk Les Bleus bertahan hingga peluit panjang. (rdb/fly)

 

No Responses

Leave a Reply