Sindawa Dipastikan Aman, Satu Balon DPD Gugur dan 19 Terancam

Sindawa Dipastikan Aman, Satu Balon DPD Gugur dan 19 Terancam

RadarMakassar.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan telah menutup jadwal penyerahan dukungan KTP tahap kedua bagi para bakal calon anggita Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dapil Sulsel tepat pukul 23:59 Wita, Selasa (24/7/2018).

Sebanyak 19 bakal calon anggota DPD RI menyerahkan dukungan KTP tahap II untuk diverifikasi administrasi dan verifikasi faktual. 19 bakal calon ini belum bisa dipastikan lolos menyusul Ketua Umum DPP Apdesi Sindawa Tarang, Amil Sadik, dan Syaiful Shaleh, jika berkas dukungannya belum memenuhi syarat alias masih terancam.

Sementara Harmansyah dinyatakan gugur pada tahapan ini lantaran tidak menyetor pesyaratan dukungan serta Rudi Hartono yang telah mengundurkan diri pada tahapan sebelumnya.

Kasubag hukum KPU Sulsel, Julita Rahayu mengungkapkan, ada sebanyak 23 bakal calon anggota DPD RI dapil Sulsel, namun ada sebanyak 20 calon yang diminta untuk melakukan perbaikan berkas.

“Dari 20 calon yang diminta untuk melakukan perbaikan, dan sampai saat ini hanya 19 yang datang menyetor tambahan dukungan ktp-nya. Harmansyah kami tunggu-tunggu tapi tidak menyerahkan dukungan,” ungkap Julita Rahayu.

Lebih lanjut, kata Rahayu, bakal calon anggota DPD RI yang tidak menyetorkan dukungan KTP pada tahapan perbaikan kedua ini secara otomatis dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) atau dinyatakan gugur.

Rahayu juga mengungkapkan bahwa, sudah ada tiga bakal calon anggota DPD RI yang dari awal dinyatakan memenuhi syarat diantaranya ketua umum DPP Apdesi Sindawa Tarang, Saiful Saleh, dan Amil sadik. Sementara para calon yang telah melakukan perbaikan, berkasnya kembali akan di verifikasi administrasi, kemudian diverifikasi faktual.

“Setelah kita melakukan verifikasi lalu ditemukan berkas calon yang tidak memenuhi syarat maka secara otomatis dinyatakan TSM, atau gugur dalam pencalonan,” pungkasnya.

Sementara komisioner KPU divisi Divisi Hubungan Masyarakat, Data dan Informasi serta Hubungan Antar Lembaga KPU Sulsel, Uslimin, membenarkan penyerahan berkas dukungan tahap II telah resmi ditutup. Selanjutnya, KPU Sulsel akan melakukan verifikasi administrasi dan verifikasi faktual.

“Hari ini pukul 23:59 Wita perbaikan berkas tahap kedua sudah ditutup,” ungkap Uslimin.

Dikonfirmasi terpisah, Komandan Relawan Sindawa Tarang (RenSTra), Andi Maulana Daud yang ditanyai soal kesiapan calonnya mengaku tengah merampungkan tim-tim RenStra di tiap kecamatan se-Sulsel.

“Sambil merampungkan tim RenSTra kecamatan, kami juga telah memanaskan tim RenSTra kabupaten yang berada di 24 Kabupaten/Kota, tim inilah yang telah bekerja maksimal memuluskan langkah Bung ST melewati proses verifikasi faktual dukungan,” ujarnya.

Hingga saat ini, 80 persen kecamatan di Sulsel telah terbentuk tim RenSTra. Kami optimis Agustus RenSTra akan terbentuk secara menyeluruh di setiap kecamatan se-Sulsel. (**)

 

Editor : RaMa

No Responses

Leave a Reply