Detik-detik HUT RI Ke-73, TNI dan PMC Periksa Kesehatan Warga Lansia di Desa Pelosok

Detik-detik HUT RI Ke-73, TNI dan PMC Periksa Kesehatan Warga Lansia di Desa Pelosok

Radar Luwu Raya – Mengisi detik-detik HUT Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-73, TNI AD Koramil 1403-07 Walenrang bersinergi dengan Paramedice Care (PMC) Luwu melakukan pemeriksaan kesehatan gratis.

Pemeriksaan kesehatan ini, dialamatkan untuk warga lanjut usia (lansia) miskin yang ada di Kecamatan Lamasi, Kabupaten Luwu, Kamis (9/8/2018).

Di Kecamatan Lamasi, ada beberapa warga lansia yang kondisinya cukup miris. Mulai dari kesehatan hingga keadaan rumah yang jauh dari kata sehat. Itu tersebar dibeberapa dusun.

Kegiatan ini, juga melibatkan perawat Puskesmas Lamasi. Selain melakukan pemeriksaan kesehatan, lansia yang dikunjungi juga diberikan bantuan sembako dan obat-obatan.

“Bersama PMC, Puskesmas Lamasi, dan aparat desa setempat, kami sengaja mendatangi warga lansia miskin. Lansia ini kurang diperhatikan oleh pemerintah,” kata Danramil Walenrang, Kapten Czi Waskito.

Menurut Waskito, melihat kondisi kesehatan warga lansia ini, memang perlu perhatian serius dari pemerintah daerah (Pemda). Khususnya Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial.

“Harapan kami, pemda bisa mengikuti apa yang kami lakukan hari ini, paling tidak tersentuhlah,” tambahnya.

Pantauan di lapangan, jarak lokasi lansia yang satu dengan yang lain berjauhan. Bahkan ada yang berada disekitar kebun. Untuk menjangkaunya, rombongan harus berjalan kaki sekitar kurang lebih 200 meter menyusuri jalan setapak.

Kunjungan pertama di Dusun Purnama, Desa To’Pongo. Ada satu rumah dihuni oleh tiga lansia bersaudara. Pertama Sulastri (45) menderita penyakit lumpuh sejak lahir. Ia hanya bisa berbaring lemah di atas ranjangnya yang hanya beralaskan papan.

Selain Sulastri, juga ada Marji (67), pria ini mengalami sakit bukku yang diderita sudah puluhan tahun. Juga ada Kamsa (60) yang juga lumpuh akibat terjatuh. Hanya saja, Kamsa baru-baru ini diajak saudaranya ke Bone-bone.

Lantaran tak ada suami/istri dan anak, ketiganya dirawat oleh saudaranya, Kasmin.

“Kami sangat berharap ada bantuan dari pemerintah, terutama sembako. Dan saya mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak dan ibu dari TNI dan PMC yang telah menengok kami,” ucapnya.

Berikutnya di Dusun To Pongo, Desa Awo Gading. Kali ini ada Lansia berusia 70 tahun bernama Kalla. Ia hidup sebatang kara dan menderita penyakit prostat sejak setahun terakhir. Dia bersyukur karena kepala desa mau membantu merawatnya.

Bergeser di Dusun Panglawa, Desa Awo Gading, Kecamatan Lamasi. Ada wanita tua bernama Elis (70). Lansia ini buta sejak kecil, dia juga hidup sebagang kara. Untuk makan, Ia harus menerima belaskasihan saudara dan tetangga.

Di Dusun Setiarejo, Desa Purwosari, ada Budiono (68). Informasinya, bapak ini mengalami penyakit kejiwaan.

“Hasil pemeriksaan kami, ada beberapa yang mengalami tekanan darah rendah. Ada juga yang tensinya tinggi. Penyakit lain seperti lumpuh, buta, prostat dan lain-lain,” kata petugas kesehatan dari PMC Luwu, Yenni.

Yenni juga berharap, Pemda memperhatikan warganya. “Khususnya bantuan BPJS, rata-rata lansia yang kami kunjungi tidak memiliki BPJS Kesehatan,” tandasnya. (ara)

No Responses

Leave a Reply